Nasional

DPR Desak Pemerintah Evakuasi WNI di Wuhan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Muhammad Iqbal, anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PPP minta pemerintah untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) di China, ke tempat yang lebih aman.

“Permintaan evakuasi itu perlu ditanggapi oleh pemerintah, mengingat saat ini WNI mengalami banyak keterbatasan di Wuhan dan kota-kota lainnya yang terisolir dari dunia luar,” demikian Iqbal dalam keterangannya di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Menurut Iqbal mengaku jika Indonesia pada dasarnya mengerti alasan pemerintah China untuk mengkarantina semua orang yang saat ini berada di Wuhan, dan kota-kota lainnya di China termasuk para WNI.

Namun, pemerintah Indonesia juga bisa menawarkan solusi agar para WNI di sana bisa dievakuasi agar bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka yang selama ini sangat terbatas di Wuhan dan kota-kota lainnya.

“Evakuasi ini sangat penting karena WNI yang saat ini bebas dari virus corona berpotensi untuk tertular virus, sehingga evakuasi harus menjadi solusi yang perlu dipikirkan serius,” katanya.

Evakuasi juga diperlukan mengingat mereka terisolir dari dunia luar ditambah kekhawatiran dan ketakutan yang mencekam bisa memberikan dampak psikologis bagi WNI yang terisolasi tersebut.

Jika solusi evakuasi ini dilakukan lanjut Iqbal, maka pemerintah Indonesia tetap harus memastikan kesehatan mereka dan mereka tidak tertular virus corona. Para petugas yang mengevakuasi pun harus dipastikan dalam menjalankan tugasnya tidak tertular virus corona, sehingga evakuasi itu tidak malah menimbulkan masalah lain bagi Indonesia.

“Pemerintah Indonesia, dalam hal ini KBRI dan KJRI yang berada di China harus aktif untuk mendata dan menjaga komunikasi dengan para mahasiswa pada khususnya dan WNI pada umumnya yang masih berada di kota-kota terisolir,” pungkasnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close