Politik

DPR dan Pemerintah Sepakat Bawa RUU tentang Pesantren ke Rapat Paripurna

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher mengungkapkan, pihaknya dan pemerintah sepakat membawa Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pesantren ke Rapat Paripurna DPR.

“Setuju RUU Pesantren dilanjutkan ke pengambilan keputusan tingkat II di paripurna sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” kata Ali Taher dalam rapat dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Rapat sempat berlangsung alot dalam pembahasan dana abadi pesantren. Pasalnya, pemerintah yang diwakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menolak dana abadi pesantren menjadi dana alokasi baru.

Saking alotnya, Lukman sempat meminta penundaan pembahasan karena pihaknya tak menyetujui perihal konsep dana abadi pesantren tersebut.

Sementara DPR, berkukuh dana abadi pesantren harus berdiri sendiri di luar alokasi dana abadi pendidikan. Namun, pada akhirnya soal dana abadi pesantren itu disepakati tetap menjadi bagian dari dana pendidikan.

Hal tersebut diatur dalam Pasal 49 RUU Pesantren yang setelah disepakati menjadi pemerintah menyediakan dan mengelola dana abadi pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close