DPR Apresias Bareskrim Tahan Anita Kolopaking

DPR Apresias Bareskrim Tahan Anita Kolopaking

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Langkah Bareskrim Polri yang menahan Anita Kolopaking pengacara Djoko Tjandra terkait kasus penggunaan surat jalan palsu Djoko Tjandra yang dikeluarkan Brigjen Pol Prasetijo Utomo, mendapat apresiasi Komisi III (Komisi Hukum) DPR RI.

“Kita apresiasi dan kita tunggu hasilnya,” kata Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan, di Jakarta, Sabtu (9/8/2020).

Anita Kolopaking ditahan di rumah tahanan Bareskrim Polri untuk pemeriksaan lanjut selama 20 hari ke depan, karena dinilai menggunakan surat palsu atau memalsukan surat perjalanan bersama kliennya, Djoko Tjandra.

Anita ditahan usai diperiksa selama kurang lebih 17 jam oleh penyidik Subdirektorat 5 Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Hinca berharap setelah ini, Bareskrim Polri dapat terus mengungkap kasus Djoko Tjandra tersebut hingga kepada nama-nama yang diduga ikut terlibat di dalam Kejaksaan Agung.

“Tuntaskan. Tak hanya di Bareskrim Polri, tapi juga di Kejaksaan Agung. Jalan terus, tuntaskan kasus ini,” ucap Hinca.

Bareskrim Polri perlu melakukan penanganan dan penyidikan atas dugaan peran bersama atau yang membantu pelarian terpidana Djoko Tjandra. Karena, menurut Hinca, kasus itu tidak berdiri sendiri. “Benang merahnya terang-benderang,” kata dia.

Penanganan secara hukum oleh Bareskrim Polri merupakan harapan baru bagi masyarakat untuk memastikan akhir dari masalah ini dan untuk menemukan pelaku-pelaku yang terlibat dan diproses secara fair dan seturut hukum yang berlaku. (Jo)