Politik

DPR Akan Selesaikan 28 RUU

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pada masa sidang 2018 ini Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan jika DPR mempunyai tugas menyelesaikan terdapat 28 (dua puluh delapan) RUU yang masih dalam tahap Pembicaran Tingkat I oleh DPR dan Pemerintah. Baik RUU yang berasal dari DPR, Pemerintah, maupun DPD RI.

“Dalam pelaksanaan fungsi legislasi, dapat disampaikan sampai dengan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2017-2018 ini, terdapat 28 (dua puluh delapan) RUU yang masih dalam tahap Pembicaran Tingkat I oleh DPR dan Pemerintah, baik RUU yang berasal dari DPR, Pemerintah, maupun DPD,” demikian Bamsoet saat pembukaan sidang di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Dari 28 RUU tersebut, terdapat 17 (tujuh belas) RUU yang pembahasannya sudah melebihi 5 (lima) kali Masa Persidangan dan diharapkan dapat segera diselesaikan pada Masa Persidangan ini, yakni:

RUU tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana; RUU tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak; RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol; RUU tentang Wawasan Nusantara; RUU tentang Kekarantinaan Kesehatan.

RUU tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme; RUU tentang Perubahan Kelima Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan; RUU tentang Kewirausahaan Nasional.

RUU tentang Ekonomi Kreatif; RUU tentang Pertanahan; RUU tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan; RUU tentang Perkoperasian; RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah; RUU tentang Jabatan Hakim; RUU tentang Pertembakauan; RUU tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; dan RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close