Parlemen

DPR akan Bahas 4 RUU dan Jadikan 4 Atlet Asing sebagai WNI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pada masa Persidangan III tahun 2019/2020 ini, selain akan membahas empat RUU juga akan memberi pertimbangan terhadap permohonan kewarganegaraan Republik Indonesia (WNI) atas nama Brandon Van Dorn Jawato (atlet bola basket asal AS), Lester Prosper (atlet bola basket asal Inggris), Kimberly Pierre Louis (atlet bola basket wanita asal Kanada), dan Marc Anthony Klok (atlet sepak bola asal Belanda)

Demikian disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pembukaan masa sidang III tahun 2019/2020 di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (30/3/2020).

Dalam pelaksanaan fungsi legislasi kata Puan, DPR bersama Pemerintah dan DPD sesuai kewenangannya akan melakukan pembahasan terhadap sejumlah RUU pada Pembicaraan Tingkat I, antara lain:

1. RUU tentang Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Swedia tentang Kerja Sama dalam Bidang Pertahanan (Agreement between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Kingdom of Sweden concerning Cooperation in the Field of Defence).

2. RUU tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, yang merupakan carry over dari periode keanggotaan DPR RI 2014-2019. DPR dan Pemerintah sepakat untuk melanjutkan Pembahasan Tingkat I.

3. RUU tentang Daerah Kepulauan, yang telah diusulkan oleh DPD RI.

4. RUU tentang Pelindungan Data Pribadi.

Terdapat 50 judul RUU yang telah menjadi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas pada tahun 2020. Dalam situasi saat ini, diperlukan atensi kita bersama, yaitu DPR dan Pemerintah, untuk dapat mencari solusi terbaik dalam menuntaskan tugas konstitusional tersebut sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan.

Selain itu, pada masa Persidangan III ini, DPR juga akan memberi pertimbangan terhadap permohonan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Brandon Van Dorn Jawato atlet bola basket, Warga Negara Amerika Serikat; Lester Prosper atlet bola basket, Warga Negara Inggris; Kimberly Pierre Louis atlet bola basket wanita, Warga Negara Kanada; dan Marc Anthony Klok atlet sepak bola, Warga Negara Belanda. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close