PendidikanPolitik

DPD Minta Nadiem Ratakan Kualitas Pendidikan di Daerah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Wakil Ketua DPD RI Sultan Baktiar Najamudin menedesak pemerintah untuk meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan di daerah. Sebab, masih terjadi kesenjangan kualitas pendidikan antara perkotaaan dan daerah pedesaan.

Demikian diungkapkan Sultan seusai memimpin rapat kerja Komite III DPD RI dengan Mendikbud RI Nadiem Makarim di Kompleks DPD RI, Senayan Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Karena itu lanjut Sultan Bachtiar, bagaimana sebuah sistem pendidikan itu bisa mwujudkan memeratakan kualitas pendidikan antar daerah dan kota.

Sultan melihat kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia tidak kalah dengan negara-negara di dunia.

“Sayangnya peringkat universitas kita selalu berada di posisi ratusan dunia. Ini menjadi PR, bagaimana peringkat universitas itu bisa naik ke kelas dunia,” tambahnya.

Menjawab itu, Nadiem menjelaskan jika program kerja Kemendikbud tahun 2020 terkait dengan evaluasi sistem pembelajaran.

Pertama, menyediakan pratik-praktik baik untuk materi ujian sekolah. Kedua, mendampingi pemerintah daerah untuk tidak lagi mewajibkan materi ujian kelulusan di daerahnya, melainkan memberikan kemerdekaan untuk masing-masing sekolah.

Ketiga, melaksanakan ujian nasional tahun 2020 (terakhir kalinya) untuk 8,4 juta peserta didik, dan keempat, merancang asesmen kompetensi dan survei karakter tahun 2021.

“Kemendikbud bekerjasama dengan PUPR dan Kemenkominfo untuk mempersiapkan sarana dan prasarana perangkat IT (inforamsi teknologi) dalam program perancangan asesmen kompetensi dan survei karakter, perangkat IT itu juga digunakan untuk pelaporan pertanggungjawaban dana BOS secara online,” kata Nadiem. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close