Hukum

Dorce dan Inggrid Kansil Siap Diperiksa dalam Kasus Ratna Sarumpaet

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dorce Gamalama dan Ingrid Kansil menyatakan siap diperiksa terkait foto pamflet yang memuat wajah babak belur Ratna Sarumpaet. Ratna merupakan tersangka kasus penyebaran kabar bohong alias hoax penganiayaan.

“Saya akan datang kalau memang ada yang melaporkan,” kata Ingrid di Jakarta, Sabtu (6/10).

Bahkan, Dorce mengaku siap mendatangkan pakar teknologi informatika jika diperlukan.

“Kalau misalnya mbak Ingrid dipanggil, saya juga dipanggil. Saya akan temenin Mbak Ingrid, tenang jangan khawatir, ada pakar IT segala macam,” katanya.

Keduanya harus memberikan klarifikasi soal foto memegang pamflet menampilkan wajah Ratna Sarumpaet yang lebam. Mulanya Ratna dikabarkan dianiaya, tetapi akhirnya dia mengaku telah membuat berita bohong.

Meskipun berfoto dengan menunjukkan pamflet, keduanya menegaskan tidak memiliki andil dalam pembuatan dan penyebaran pamflet. Dorce mengatakan ia mendapatkan selebaran memuat wajah lebam Ratna Sarumpaet dari orang tidak dikenal.

Awalnya Dorce tidak mengira jika sosok di foto tersebut adalah ibunda Atiqah Hasiholan.

Ketika itu, Dorce sedang mengunjungi restoran masakan khas Barat di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dorce mengatakan melihat keramaian di restoran cepat saji, tak jauh dari lokasi sedang dia kunjungi.

Ternyata di restoran cepat saji itu tengah berlangsung pertemuan aktivis yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

“Saya juga tidak sempat ambil foto (penyebar pamflet), orangnya tinggi besar,” ucap Dorce.

Saat memasuki restoran itu, ia tak sengaja bertemu Ingrid beserta ibundanya. Lantas, Dorce memperlihatkan selebaran itu pada Ingrid.

Berlandaskan simpati, keduanya lalu berfoto sembari membawa pamflet. Foto itu diunggah dalam akun Instagram Inggrid Kansil. Akan tetapi, mantan anggota DPR itu telah menghapus unggahannya setelah pengakuan Ratna Sarumpaet

“Mungkin niat dia (Ingrid) ini baik turut prihatin dan menyuarakan anti kekerasan, datanglah dia ke saya, ‘Bunda kita foto yuk, tapi pegang ini (pamflet)’. Ya udah saya pegang, tidak ada pikiran dia (Ingrid) akan posting, dia juga pun tidak ada pikiran kalau akan posting,” ujar Dorce.

Baik Dorce dan Ingrid mengaku tidak memiliki kedekatan khusus dengan Ratna Sarumpaet. Aksi mereka berfoto bersama dengan pamflet itu murni bentuk simpati atas kekerasan terhadap perempuan. Namun, keduanya terpaksa menanggung kecewa setelah mengetahui kejadian itu merupakan rekayasa Ratna Sarumpaet. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close