Nasional

Doni Monardo: Pengerahan TNI-Polri Bukan untuk Menakuti Masyarakat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo memastikan pelibatan TNI-Polri untuk membantu mendisiplinkan masyarakat, bukan untuk menakuti masyarakat.

Doni menyatakan nantinya TNI-Polri akan melakukan pendekatan yang persuasif kepada masyarakat.

“Kehadiran TNI dan polri di tempat-tempat publik bukan untuk menimbulkan kekhawatiran,” kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Doni menambahkan, bukan untuk menimbulkan ketakutan tetapi semata-mata membantu masyarakat satu sama lainnya mengingatkan satu sama lainnya agar masyarakat betul-betul taat dan patuh kepada protokol kesehatan,” kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Doni menjelaskan bahwa TNI dan Polri akan memberikan penjelasan kepada masyarakat terlebih dahulu apabila ada indikasi pelanggaran protokol kesehatan.

Namun, apabila pendekatan tersebut gagal, aparat keamanan akan bertindak secara terukur untuk mengamankan situasi.

“Jadi kita yakin ketegangan tidak terjadi, semua sabar, jangan hanya persoalan sepele menunjukkan ketegangan,” kata Doni.

Dia juga melanjukan bahwa belum ada satupun ahli yang dapat memastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Oleh karena itu, setiap masyarakat harus mempersiapkan diri untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Bapak Presiden mengatakan tidak boleh kendor oleh karenanya kita harus bisa adaptif dengan Covid. Kita tetap harus menjaga tidak terpapar tetapi kita juga tetap harus mampu beraktivitas,” kata Doni. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close