Ekonomi

Dongkrak Industri Kreatif, JK: Pelaku Usaha Digital Harus Bina UMKM

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Para pelaku pasar digital diminta merangkul dan turut serta membina para pengusaha lokal dalam memasarkan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sehingga dapat meningkatkan industri kreatif Tanah Air.

“Jadi, upaya yang dibutuhkan oleh beberapa e-commerce, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya itu, ialah harus bersama-sama membina usaha kecil,” kata Wakil Presiden M Jusuf Kalla (JK) pada acara Kadin Talk di Menara Kadin Indonesia Jakarta, Kamis (31/1/2019).

JK menambahkan, apa yang dilakukan Alibaba di Tiongkok juga seperti itu, bukan hanya menjadi marketplace, tapi juga harus ada (peran) membina UMKM.

Keterlibatan pelaku pasar digital tersebut, lanjutnya, juga harus berjalan bersama dengan pemerintah dalam meningkatkan potensi pengusaha lokal dan produk UMKM.

Pelaku pasar digital, yang lebih paham kondisi riil perdagangan, diharapkan dapat memberikan gambaran nyata kondisi industri kecil dan menengah kepada pemerintah khususnya kementerian sektor perekonomian.

“Yang tahu (kondisi) pasar kan para pengusaha ini, birokrat itu tahunya administrasi tapi tidak tahu marketing. Jadi di sini letaknya kolaborasi antara pengusaha besar dan pengusaha menengah, pengusaha kecil untuk memperbaiki kualitas itu,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close