Internasional

Donasi Jutaan Dolar Terkumpul bagi Keluarga Korban Penembakan Selandia Baru

CHRISTCHURCH, SENAYANPOST.com – Penembakan brutal di dua masjid Christchurch, Selandia Baru yang menewaskan 50 orang, telah menggerakkan hati seluruh penduduk dunia.

Doa pun mengalir untuk korban, begitu pula dengan bantuan yang dikumpulkan melalui sejumlah badan amal.

Kantor berita AFP melaporkan, lebih dari 10,8 juta dollar Selandia Baru atau sekitar Rp 105 miliar kini telah terkumpul untuk membantu keluarga dari para korban tewas.

Situs penggalangan dana GiveaLittle.co.nz telah menerima lebih dari 8,2 juta dollar Selandia Baru yang berasal dari 91.000 donatur hingga Minggu (24/3/2019).

Sementara itu, situs pengumpulan donasi global yang berfokus pada muslim, LaunchGood.com, telah menjaring sekitar 2,5 juta dollar Selandia Baru yang berasal dari 40.000 donatur.

Sebelumnya, seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun, Will Connolly, asal Australia kini dijuluki “egg boy”, juga ingin menyumbangkan donasi yang dikumpulkan untuk dirinya.

Dia menjadi sorotan dunia setelah menimpuk kepala Senator Fraser Anning dengan telur saat wawancara dengan wartawan.

Para penggemarnya kemudian meluncurkan laman GoFundMe untuk remaja tersebut. Namun, Will justru menginginkan agar uang itu diberikan kepada para korban penembakan massal di masjid di Christchurh.

“Pahlawan kami EggBoi menghadapi Fraser Anning, senator untuk Queensland yang sekarang dibenci di seluruh dunia atas komentarnya setelah penembakan di masjid Selandia Baru,” demikian bunyi pernyataan pada laman GoFundMe.

Hingga Selasa (19/3.2019), uang yang terkumpul mencapai 59.000 dollar AS atau sekitar Rp 840 juta, dari target semula 50.000 dollar AS.

Penembakan yang terjadi pada 15 Maret 2019 ketika jemaah sedang salat Jumat telah mengejutkan dunia dan memicu kengerian global.

Sejak itu, penduduk Selandia Baru meresponsnya dengan mencurahkan dukungan bagi komunitas muslim di “Negeri Kiwi”.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan, negara akan menanggung biaya pemakaman bagi 50 korban dan biaya pemulangan anggota keluarga korban ke rumah masing-masing.

Kini muncul dua petisi meminta agar Ardern dinominasikan sebagai calon peraih Nobel Perdamaian.

Petisi itu berasal dari situs Change.org, yang kampanyenya dimulai sejak empat hari lalu dan sudah mendapatkan lebih dari 3.000 dukungan.

Sementara satu petisi lain berasal dari situs Perancis AVAAZ.org, yang diyakini diusulkan oleh seorang penyair Perancis-Mauritius Khal Torabully.

“Atas keterbukaan dan perdamaian yang diberikan Jacinda Ardern menyusul tragedi di Christchurch, kami berharap dia bisa menjadi penerima Nobel Perdamaian,” kata petisi di AVAAZ.org. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close