Dokter Sebut Perawatan Covid-19 Selesai, Trump Siap Kampanye

Dokter Sebut Perawatan Covid-19 Selesai, Trump Siap Kampanye
Trump

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Donald Trump mengatakan bakal melanjutkan kegiatan kampanye terkait pemilu Amerika Serikat pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

Dia mengatakan ini setelah dokter mengatakan Trump telah menyelesaikan proses terapi terkait infeksi virus Corona atau Covid-19 dan bisa mengikuti kegiatan publik.

Trump mengatakan dia akan menjalani tes Covid-19 pada Jumat waktu setempat pada pekan ini. Pejabat Gedung Putih masih enggan mengatakan kapan Presiden terbukti negatif Covid-19 terakhir kali setelah dinyatakan positif pada akhir pekan lalu.

“Sangat baik,” kata Trump soal kondisinya saat melakukan wawancara dengan Fox News seperti dilansir Channel News Asia pada Jumat, 9 Oktober 2020.

Trump melanjutkan,”Jika sempat saya akan mencoba kampanye pada Sabtu malam.” Dia terdengar besuara agak serak saat menjawab pertanyaan pada wawancara ini.

Trump, yang berasal dari Partai Republik dan berusaha mendapat mandat Presiden untuk periode kedua, juga mengatakan berencana melakukan kampanye pada Ahad di Pennsylvania. Dia berhadapan dengan eks Wakil Presiden, Joe Biden, dari Partai Demokrat.

Sebelumnya, dokter dari Gedung Putih, Sean Conley, mengatakan Trump telah menyelesaikan proses pengobatan untuk penyakit gangguan pernapasan akibat infeksi Covid-19 yang sempat dideritanya.

Kondisi Trump juga membaik setelah keluar dari rumah sakit militer pada Senin sore pekan ini. Conley mengatakan lewat memo, yang dirilis Gedung Putih, bahwa Trump telah merespon secara sangat baik perawatan yang dijalani tanpa menunjukkan efek samping.

“Sejak pulang, pemeriksaan kondisi fisiknya terlihat stabil dan tidak menunjukkan indikasi apapun bahwa kondisi sakitnya berlanjut,” kata Conley.

Conley mengatakan Sabtu pekan ini menandai hari kesepuluh sejak diagnosa Trump pada Kamis pekan lalu. “Saya mengantisipasi Presiden bisa kembali melakukan kegiatan publik yang aman pada saat itu,” kata Conley soal aktivitas Trump pada pekan ini.