Metropolitan

DKI Gelar Operasi Kependudukan Awal Juli 2018

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar Operasi Bina Kependudukan awal Juli nanti. Operasi digelar guna menertertibkan administrasi kependudukan pendatang yang datang ke Ibu Kota.

“Operasi Yustisi Kependudukan nggak ada, tetapi sandinya adalah Operasi Bina Kependudukan,” jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Edison Sianturi dalam keterangannya, Senin (18/6).

Operasi Bina Kependudukan adalah operasi yang bersifat pembinaan sosial dan penertiban administrasi kependudukan. Sehingga, pelanggar tidak akan dilanjutkan ke sidang tindak pidana ringan (tipiring).

“Tidak ada peradilan Tipiring,” ucapnya.

Operasi Bina Kependudukan itu hanya bersifat sosialisasi dan pelayanan, serta pencegahan pelanggaran administrasi kependudukan dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Operasi tersebut bakal dimulai sekitar awal Juli 2018 di pemukiman padat dan diduga kantong-kantong pendatang baru di lima wilayah kota DKI Jakarta.

Namun, Edison mengaku pihaknya masih merumuskan titik-titik mana saja yang akan digelar operasi tersebut.

Operasi serupa juga dilaksanakan tahun 2017 lalu. Saat itu, Pemprov DKI menyasar tempat-tempat seperti pusat industri dan perdagangan, tempat hiburan, serta kawasan perekonomian dan perniagaan seperti pelabuhan.

Pasalnya, Edison menyebut rata-rata pendatang baru itu paling banyak itu lulusan SMA ke bawah dan datang ke tempat-tempat seperti itu.

Memasuki H+7 lebaran tahun 2017 lalu, Pemprov DKI mencatat telah ada 4,2 juta lebih penduduk yang masuk ke Jakarta.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close