Divonis Melawan Hukum, Jaksa Agung Ajukan Banding ke PT TUN

Divonis Melawan Hukum, Jaksa Agung Ajukan Banding ke PT TUN

JAKARTA, SENAYANPOST.com  - Putusan bersalah terhadap Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin terkait pernyataannya di dalam rapat bersama Komisi III DPR soal kasus pelanggaran HAM berat Semanggi I dan II, pihak Kejaksaan Agung mengambil langkah hukum.

Jaksa Agung Muda bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Kejaksaan Agung (Kejagung) secaar resmi mengajukan banding atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN).

Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono, upaya banding itu telah diajukan pada hari Senin (9/11/2020) ke PTTUN untuk melawan putusan PTUN.

"Sudah diajukan bandingnya ke PTTUN tanggal 9 November 2020 kemarin," tuturnya, Kamis (12/11/2020).

Menurutnya, tim Kejagung kini tengah menunggu Majelis Hakim yang ditunjuk oleh PT TUN untuk menangani banding dalam perkara tersebut.

Dia berpandangan majelis hakim PT TUN biasanya hanya memeriksa berkas dan memanggil para pihak terkait banding tersebut.

"Kami masih menunggu penunjukan majelis hakim Banding dan biasanya majelis hakim Banding itu hanya memeriksa berkas, tapi juga tidak menutup kemungkinan juga manggil para pihak," katanya. (Jo)