HukumPolitik

Divonis 15 Tahun Penjara, Ketua DPR Yakin Setnov Bisa Melewatinya

JAKARTA, SENAYANPOST.com¬†–¬†Ketua DPR Bambang Soesatyo turut prihatin atas vonis 15 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta kepada mantan Ketua DPR Setya Novanto.

“Saya yakin beliau bisa melewati dengan baik dan kembali berkumpul dengan keluarga,” ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Bambang menjelaskan, dalam hukum, Novanto masih bisa mengambil langkah banding atas vonis majelis hakim tingkat pertama.

“Pak Novanto masih punya kesempatan untuk melakukan banding, kasasi mupun peninjauan kembali (PK), tetapi semua kembali kepada Pak Nov dan keluarga apakah akan menggunakan itu,” jelas politikus yang akrab disapa Bamsoet ini.

“Karena KPK juga mempertimbangkan untuk banding pada putusan itu,” imbuh Bamsoet menambahkan.

Terpenting, kata dia, sebagai sesama politisi yang berasal dari Golkar di mana Novanto pernah menjadi ketua umum, Bamsoet mengaku apapun posisi Novanto saat ini tentu semua pihak masih memberikan rasa hormat.

“Kami tetap menghormati beliau sebagai salah satu mahkota partai sampai kapanpun kami akan menghormati,” tukasnya.

Novanto divonis selama 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta yang apabila tidak dibayar diganti pidana kurungan 3 bulan, serta diminta untuk membayar uang pengganti 7,3 juta dolar AS dikurangi uang yang telah dibayarkan kepada pihak penyidik KPK yakni Rp 5 miliar. Dia terbukti terlibat dalam kasus proyek KTP elektronik.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close