Internasional

Diusir dari Restoran, Jubir Trump Bakal Dikawal Secret Service

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders bakal mendapat kawalan dari pasukan pengawal presiden Amerika Serikat atau Secret Service.

Seorang sumber kepada Reuters menyatakan, perlindungan itu diberikan setelah dia mendapat perlakuan tidak menyenangkan ketika mengunjungi sebuah restoran kecil di Virginia pada pekan lalu.

Sanders diusir dari restoran sebagai bentuk protes pemilik restoran terhadap sejumlah kebijakan Presiden Donald Trump.

Seperti dilansir dari Channel News Asia pada Rabu (27/6), Secret Service menolak untuk mengonfirmasi hal tersebut, begitu pula dengan Gedung Putih.

NBC News melaporkan, pasukan keamanan akan berjaga-jaga di rumah Sanders selama waktu tertentu.

Secret Service merupakan andalan pemerintah “Negeri Paman Sam” untuk melindungi presiden dan juga tamu-tamu penting negara.

Badan rahasia tersebut juga melindungi dan menjaga keselamatan wakil presiden dan keluarganya.

Pengawalan Secret Service diperlukan pula bagi semua calon utama presiden dan wakil presiden, mulai tiga bulan sebelum pemilu.

Selain itu, Undang-Undang Federal mewajibkan semua mantan presiden dan keluarganya mendapat perlindungan, kecuali kalau mereka menolaknya.

Kendati demikian, Presiden AS juga bisa memerintahkan Secret Service untuk melindungi orang lain.

Trump membalas aksi pengusiran oleh sebuah restoran kecil di Virginia terhadap juru bicaranya di Gedung Putih, Sarah Sanders, dengan pernyataan pedas.

Melalui kicauan di Twitter, Trump menyarankan manajemen restoran tersebut untuk membersihkan seluruh area restoran, ketimbang menolak melayani pelanggan.

“Restoran The Red Hen harus lebih fokus membersihkan kanopinya yang kotor, pintu, dan jendela, daripada menolak melayani orang baik seperti sarah Huckabee Sanders,” kicau Trump, Senin (25/6).

“Saya selalu punya aturan, jika sebuah restoran kotor di luarnya, itu juga kotor di dalam,” imbuh Trump.

Insiden pengusiran itu terjadi pada Jumat (24/6), ketika Sanders oleh pemilik restoran karena dia bekerja untuk Trump.
“Semalam, saya diminta oleh pemilik Red Hen di Lexington, Virginia, untuk pergi karena sata bekerja untuk presiden,” kicau Sanders, Sabtu (25/6).

Pemilik restoran Stephanie Wilkinson mengatakan kepada The Washington Post, dia menganggap Sanders bekerja untuk pemerintahan yang tidak tidak berperikemanusiaan dan tidak toleran. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close