Infotainment

Dituntut Pidana 10 Bulan Penjara, Jefri Nichol Hanya Jalani Rehabilitasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Terdakwa Jefri Nichol dituntut pidana penjara 10 bulan oleh Jaksa penuntut umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tetapi Aktor ini tidak harus menjalani hukuman pidana di penjara, karena diganti dengan rehabilitasi.

Jaksa Jefri Hardi menyebut pihaknya berpendapat Jefri Nichol telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika sebagaimana yang tertuang dalam dakwaan kedua.

“Menyatakan terdakwa Jefri Nichol bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak dan melawan hukum menggunakan narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 ayat 1 huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” kata Jefri saat membacakan tuntutan di ruang sidang Pengadilan, Senin (21/10/2019).

Jefri megatakan pidana penjara selama 10 bulan tersebut dikurangi selama terdakwa ditangkap dan dikurung sementara di tahanan Polres Jakarta Selatan, serta rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Oleh karena itu, lanjut dia, terdakwa tak perlu menjalani pidana penjara melainkan diganti dengan rehabilitasi.

“Terdakwa tidak perlu menjalani pidana yang dijatuhkan namun terdakwa menjalani rehabilitasi di RSKO di Cibubur, Jakarta Timur yang diperhitungkan sebagai sisa masa menjalani pidana serta dikurangi masa rehabilitasi sementara yang telah dijalani terdakwa,” jelas dia.

Jefri menuturkan hal yang memberatkan bahwa terdakwa tak mengindahkan program pemerintah dalam memberantas penyalahgunaan narkoba. Sementara hal yang meringankan, yakni terdakwa mengakui perbuatannya, bersikap sopan selama persidangan, belum pernah dihukum, dan sedang menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur.

Aktor dalam film Dear Nathan itu menjalani persidangan sejak 9 September 2019. Dia didakwa dengan Pasal 111 dan 127 ayat 1 huruf A Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya 12 tahun penjara.

Pemuda berusia 20 tahun itu ditangkap oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada 22 Juli. Polisi menemukan barang bukti narkoba jenis ganja seberat 6,01 gram di kediamannya.

Dalam persidangan sebelumnya, Jefri Nichol sempat mengaku menggunakan ganja karena mengalami stres dan kesulitan tidur. Ganja, menurut Jefri, membuat dia lebih mudah untuk beristirahat setelah bekerja. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close