Korupsi

Ditunjuk Jadi Dewan Pengawas KPK, Albertina Ho dan Tumpak Hatorangan ke Istana

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang Albertina Ho menjadi anggota Dewan Pengawas KPK. Hal ini diketahui ketika Alberntina mendatangi Istana Negara, Jakarta, setelah dikabari bakal dilantik.

Perempuan yang pernah menjabat Ketua Majelis Hakim PN Jaksel yang menangani perkara suap pegawai Ditjen Pajak Gayus Tambunan itu mengaku dikabari mendadak bakal jadi Dewas KPK.

“Baru dikasih tahu. Baru dikasih undangan ini. Jadi saya enggak tahu [sebelumnya],” ujar Albertina kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Perempuan yang pernah menjadi Sekretaris Wakil Ketua MA tersebut mengaku menerima tawaran menjadi anggota Dewas KPK karena menganggapnya sebagai instruksi.

“Inikan perintah. Jadi, kalau diperintahkan kita sebagai warga negara kita siap,” ujar Albertina.

Selain Albertina, Tumpak Hatorangan Panggabean pun datang ke KPK untuk menjalani pelantikan sebagai Anggota Dewan Pengawas KPK.

Beberapa saat setelah Albertina Ho datang di kompleks Istana Kepresidenan, datang juga mantan Hakim Konstitusi Harjono. Harjono sebelumnya sudah mengaku bahwa dirinya pun dipanggil ke istana guna dilantik menjadi anggota Dewas KPK.

“Iya saya mendapat undangan dari Istana untuk dilantik,” kata Harjono saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Jumat (20/12).

Selain dua orang tersebut, calon anggota Dewas KPK yang terlihat sudah hadir di lingkungan kompleks Istana Kepresidenan adalah Peneliti LIPI Syamsuddin Haris dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar.

Dewas KPK adalah entitas baru dalam tubuh lembaga antirasuah di mana pembentukannya didasari pada UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau UU KPK.

Untuk periode pertama, para anggota Dewas KPK itu dipilih langsung Jokowi. Selanjutnya, para pengisi dewan tersebut akan diseleksi tim khusus lalu diserahkan kepada presiden guna mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Pada momen yang sama, Jokowi juga dijadwalkan melantik pimpinan KPK periode 2019-2023. Lima pimpinan KPK yang akan dilantik Jokowi itu adalah Komjen Pol Firli Bahuri (Ketua KPK), Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close