Olahraga

Ditunda Akibat Corona, Ini Jadwal Baru Olimpiade 2020 Tokyo

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menentukan jadwal baru bagi Olimpiade 2020 Tokyo dan Paralimpiade 2020 yang telah resmi ditunda ke 2021.

Olimpiade Tokyo bakal berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Sementara Paralimpiade bakal bergulir 24 Agustus hingga 5 September. Keputusan itu disampaikan melalui pernyataan bersama Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade 2020 Tokyo (TOGOC), Komite Paralimpiade Internasional (IPC), dan pemerintah Jepang.

Tanggal baru itu diharapkan bisa memberi otoritas kesehatan dan semua yang terlibat waktu, guna beradapatasi dengan keadaan dan gangguan yang disebabkan pandemi virus Corona Covid-19.

“Kita semua adalah manusia. Saat ini kita berada di terowongan yang sangat gelap dan kita tak tahu ujung terowongan ini,” ujar Presiden IOC Thomas Bach dikutip Sky Sports.

“Tapi kami yakin bahwa dengan tanggal baru bagi Olimpiade ini, maka kami akan menjadi cahaya di ujung terowongan yang gelap ini,” tambahnya.

Olimpiade 2020 Tokyo mengalami penundaan akibat merebaknya wabah virus Corona di tingkat global. Penundaan diputuskan setelah Thomas Bach dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan konferensi video pada 24 Maret lalu.

Kondisi itu membuat Tokyo 2020 menjadi Olimpiade pertama dalam sejarah yang mengalami penundaan. Sejak pertama kali digelar di Athena, Yunani pada 1896, multievent terakbar di dunia itu tak pernah mengalami penundaan.

Tercatat, Olimpiade pernah tiga kali dibatalkan, bukan ditunda. Hal itu karena terjadinya Perang Dunia I dan II. Sebelum mengalami penundaan, Olimpiade 2020 Tokyo direncanakan bakal bergulir pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close