Internasional

Diterjang Badai Pasir, Kain Kiswah Penutup Kabah Tersingkap

RIYADH, SENAYANPOST.com – Cuaca ekstrem melanda Arab Saudi. Hantaman badai pasir disertai hujan deras membuat panik jemaah haji yang tengah menjalani tawaf di Masjidil Haram, Makkah, pada Minggu (19/8) malam.

Bahkan, dari sejumlah foto dan video yang beredar di medsos badai itu membuat kain Kiswah yang melapisi Kabah tersingkap.

Kain Kiswah ini dibuat dari sutera dan dihiasi ayat-ayat Al Quran yang dijalin dengan menggunakan benang emas.

Setiap tahun kain Kiswah ini diganti di saat yang sama saat para jemaah haji berada di Gurun Arafah dalam rangkaian ibadah haji.

Sementara badai pasir dan hujan masih diperkirakan masih akan terjadi di Arafah. Hingga Senin (20/8) Arafah diwarnai kelembaban dan suhu tinggi.

Menurut prakiraan yang dirilis Badan Meteorologi dan Perlingungan Lingkungan Arab Saudi, badai pasir dan hujan akan terjadi di Mekkah pada Senin malam.

Juru bicara badan meteorologi Hussain al-Qahtai mengatakan, fluktuasi cuaca akan berlanjut hingga puncaknya pada Senin sore.

Sejumlah wilayah Arab Saudi akan mengalami suhu amat panas yaitu hingga 43 derajat Celcius dengan kelembaban 65 persen.

Sedangkan juru bicara Direktorat Pertahanan Sipil Kolonel Muhammd Al-Qamash menegaskan, badai pasir di Arafah tidak mengganggu prosesi ibadah haji.

“Ada sedikit kerusakan pada tenda para jamaah tetapi sudah diperbaiki. Kondisi secara keseluruhan di Tanah Suci amat stabil,” kata Al-Qamash.

Meski demikian, Al-Qamash mengimbau, agar para jamaah haji tetap mengikuti instruksi yang sudah diberikan pemerintah Arab Saudi.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close