Nasional

Diterjang Angin Kencang, Dua Lokasi Wisata Kota Batu Ditutup

KOTA BATU, SENAYANPOST.com – Bencana angin kencang kembali melanda wilayah Bumiaji, Kota Batu, Minggu, (17/11/2019). Tiga desa, yakni Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, dan Desa Sumbergondo terdampak tiupan angin kencang ini.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, angin kencang terjadi sejak Minggu pagi. Untuk wilayah Desa Sumberbrantas angin kencang tertiup disertai debu.

BPBD mengimbau wisatawan yang sedang berlibur di berbagai tempat wisata di Bumiaji, Kota Batu untuk berhati-hati dan memperhatikan keselamatan. Sejauh ini, dua tempat wisata yakni, Coban Talun dan Pemandian Cangar ditutup demi faktor keselamatan wisatawan.

“Informasi dari pengelola tempat wisata, Wana wisata Coban Talun ditutup, kemudiah pemandian Cangar ditutup. Tim Gabungan dari Pemkot Batu, TNI, Polri, Relawan sudah mempersiapkan tempat pengungsian di Balai Desa Tulungrejo, Punten, Sidomulyo, dan Sumbergondo jika sewaktu-waktu ada rekomendasi evakuasi,” kata Rochim.

Sampai saat ini tim gabungan masih terus melaksanakan pemantauan situasi dan kondisi di lapangan. Adapun jalur dari Malang menuju Mojokerto atau sebaliknya via Kota Batu ditutup untuk sementara. Sebab, angin kencang membahayakan pengguna jalan.

“Bagi pengguna kendaraan roda 2 untuk sementara ini diharapkan untuk menghindari melintas di Jalan Raya Sumberbrantas dan sekitarnya. Karena kondisi angin kencang dan debu yang sangat tebal tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan roda 2, sedangkan bagi pengguna roda 4 yang akan melintas mohon prioritaskan keselamatan dan selalu berhati-hati,” papar Rochim.

Tim gabungan saat ini melakukan pembagian masker untuk warga karena kondisi debu sangat tebal. Adapun dampak sementara yakni listrik padam, terpantau kerusakan atap rumah, serta beberapa pohon tumbang.

“Belum ada rekomendasi evakuasi. Saat ini sudah ada masyarakat Desa Sumberbrantas yang melaksanakan evakuasi mandiri dan selanjutnya diarahkan ke tempat pengungsian Balai Desa Tulungrejo,” tandasnya. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close