Ditahan 2 Hari, Ini Kronologi Kasus Pelecehan yang Dituduhkan ke Conor McGregor

Ditahan 2 Hari, Ini Kronologi Kasus Pelecehan yang Dituduhkan ke Conor McGregor
Conor McGregor

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Polisi Prancis menahan Conor McGregor atas tuduhan dugaan percobaan pelecehan seksual dan tindakan tidak senonoh. 

Petarung UFC itu akhirnya dibebaskan tanpa dakwaan setelah menghabiskan dua hari di tahanan dan membantah tuduhan itu.

Penangkapan Jumat pagi, 11 September 2020, terjadi di Pelabuhan Calvi, Pulau Corsica, Prancis. Puluhan polisi mendatangi McGregor dan membawanya..

Sebuah sumber The Sun di kepolisian Prancis mengungkapkan bahwa laporan terhadap McGregor terkait "dengan insiden yang melibatkan seorang wanita muda di sebuah bar di Calvi pada Minggu malam (6/9/2020).

"McGregor banyak minum di sekitar Marina, dan dikatakan terlibat dalam beberapa perilaku buruk."

Pengaduan resmi dibuat ke polisi pada hari Kamis oleh seorang saksi yang belum disebutkan namanya, diyakini wanita dari bar tersebut.

McGregor dikatakan "berperilaku tidak pantas". Seorang saksi menyatakan dia membuat "gerakan cabul".

Hal ini menyebabkan polisi menggerebek kapal pesiar McGregor senilai 3 juta pound, yang secara lokal dinamai 'Dave Ocean', keesokan harinya.

McGregor "menjawab panggilan ini pada Jumat pagi," kata sumber itu, yang mengatakan bahwa McGregor pergi ke Tramariccia Gendarmerie dengan sepeda, dikelilingi oleh pengawal.

Di sanalah dia diperiksa oleh hakim dan polisi yudisial, kata sumber itu, sebelum dibebaskan pada Sabtu.

Sumber itu mengatakan "sejumlah tes" telah dilakukan terhadap McGregor saat ditahan, tanpa memberikan informasi lebih lanjut.

McGregor tinggal di kapal pesiarnya, yang ditambatkan di dekat Calvi, kota pelabuhan kelas atas di utara pulau. McGregor dibebaskan tanpa dakwaan setelah menghabiskan dua hari di tahanan dan membantah tuduhan itu.

Penangkapannya terjadi hanya beberapa hari setelah agen anti doping AS datang untuk mengujinya di Corsica meskipun faktanya dia telah pensiun - dan dia memposting gambar kit yang telah dia kirim di akun Twitter-nya.

"Apa yang terjadi di sini @UFC.  Saya sudah pensiun guys! Tapi lanjutkan, saya akan mengizinkan mereka untuk menguji saya. Itu semua bayi alami!" tulis McGregor.

Polisi Prancis dapat menahan tersangka untuk periode awal 48 jam sebelum harus mengajukan perpanjangan atau membebaskan terduga.

Dalam kasus ini McGregor dibebaskan tanpa dakwaan, tetapi kasusnya belum ditutup, dan mungkin ada tindakan lebih lanjut.

Emmanuelle Ramon, pengacara McGregor, mengatakan kliennya "dengan keras membantah melakukan kesalahan".

"Dia telah dibebaskan sebelum masa hukum penahanan polisi dan tanpa peninjauan yudisial," kata Ramon.

Tidak jelas apakah Ramon diminta untuk tetap berada di Corsica sementara penyelidikan berlanjut.

Audie Attar, manajer McGregor, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Saya marah dan mengeluarkan peringatan dengan keras dan jelas: Conor McGregor tidak dan tidak akan menjadi target bagi mereka yang ingin mencetak berita utama atau uang."

Di Corsica, McGregor bersiap untuk ambil bagian dalam balapan sepeda air amal sepanjang 180 km selama 24 jam dari Calvi ke Monaco.

Putri Charlene dari Monako akan mendampinginya untuk membantu mempromosikan keamanan air, tetapi McGregor terpaksa mundur dari kegiatan itu karena penahanan tersebut.

Awal pekan ini, The Sun melaporkan bagaimana bintang UFC Irlandia itu berlari di Corsica dengan tim pelatihnya.