Disuruh Juri Buka Cadar, Peserta MTQ Pilih Mundur dari Perlombaan

Disuruh Juri Buka Cadar, Peserta MTQ Pilih Mundur dari Perlombaan
Peserta MTQ diminta buka cadar sama juri

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Jagat maya dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang menampilkan seorang wanita bercadarmemilih mengundurkan diri dari sebuah pertandingan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) karena disuruh membuka cadar oleh juri.

Dari Penelusuran, video yang banyak diunggah di Chanel Youtube itu, salah satunya Chanel Rian sahrudin, peristiwa tersebut terjadi saat pelaksaan MTQ ke-37 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Kota Tebing Tinggi.

Dimana ketika giliran peserta bercadar sudah naik ke panggung dan hendak membaca Al Qur'an. Tiba-tiba dewan juri memerintahkan peserta tersebut untuk membuka cadar sesuai dengan peraturan LPTQ.

Selain sudah peraturan LPTQ, Dewan juri juga beralasan supaya mereka mengetahui bacaan Al Qur'an peserta. "Tolong dibuka cadarnya, kalau tidak nanti didiskualifikasi. Ini sudah sesuai peraturan LPTQ," ujar salah seoran juri dalam video tersebut.

Namun, si peserta memilih bertahan dengan cadarnya dan bersedia mengundurkan diri dari perlombaan tersebut.

Kontan saja, video tersebut mengundang reaksi Netizen di dunia maya. Banyak Netizen yang menyayangkan sikap juri terhadap peserta tersebut.

"Gw emang bkn muslim yg baik tp liat ini gw jd ingin jd jurinya… Miris liatnya… Ya Allah saudari ini memilih syariat Allah drpd manusia,' Cuit akun Devi Hafiludin saat menanggapi video tersebut. (Baca: Diberi Umpan Anak Bebek, Buaya Jantan Sungai Deli Ditangkap).

"Ini sih menurut saya jurinya kurang ilmu, sebab saudari tersebut menggunakan cadar bukan masker. Dan masker tersebut sudah berkaitan dengan hukum syariat. Mungkin saudari tersebut mengambil hukum wajib mengenai cadar makanya lebih memilih mundur dibanding melepas cadarnya," tulis akun Moch. Royhan.