Lintas DaerahPendidikan

Disdik Jabar: Tidak Ada Kebocoran Kunci Jawaban UNBK 2018

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 tidak ada kebocoran kunci jawaban.

“Kami pastikan aman, peluang nyaris tidak ada. Kami yakin tidak ada kebocoran,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 12 Bandung, Senin (2/4/2018).

Menurut Hadadi, ia yakin tidak ada kebocoran karena proses distribusi soal yang sangat ketat. Soal yang berasal dari Kemendikbud akan diunduh sekolah dan masuk ke dalam server sekolah dan nama sekolah serta operator pengunduh pun akan tercatat di Kemendikbud.

Kepala SMKN 12, Lukman, mengatakan proses pengunduhan soal berlangsung teratur karena setiap daerah sudah memiliki jadwal masing-masing.

“Dari pusat sudah ada jadwal semisal tanggal 28-30 Maret ada sinkronisasi nasional, Jawa Barat jadwalnya hari Sabtu. Ada rinciannya lagi, kapan jadwal Kota Bandung, kapan jadwal SMKN 12, semuanya diatur sedemikian rupa,” ujarnya.

Hadadi juga berkata, pelaku yang membocorkan dapat terdeteksi oleh sistem.

“Ketika ada kebocoran, pasti ketahuan sekolah mana, siapa operatornya, sanksinya berat karena sanksi nasional,” ujarnya.

Pelaksanaan UNBK tingkat SMK berlangsung mulai hari ini sampai Kamis (5/4/2018). Sedangkan untuk SMA, UNBK berlangsung pada Senin (9/4/2018) hingga Kamis (12/4/2018). (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close