Internasional

Diputus Hubungan oleh Trump, WHO: Kami Ingin Kerjasama dengan AS Berlanjut

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Meskipun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengambil pilihan untuk memutuskan hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tetapi badan kesehatan PBB tersebut mengaku masih ingin tetap bekerja sama dengan negeri Paman Sam.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan keterlibatan AS dengan organisasi telah membuat perbedaan besar selama beberapa dekade.

“Harapan WHO agar kolaborasi ini tetap berlanjut,” ujar Tedros, Senin (1/6/2020).

Seperti diketahui, Presiden Donald Trump memutuskan mengakhiri hubungan Amerika Serikat dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (29/5).

Kepada wartawan di Gedung Putih, Trump mengatakan kebijakan diambil karena menganggap gagal WHO dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Cekcok antara AS dan WHO memang terus memanas, terutama setelah Trump menganggap organisasi di bawah naungan PBB itu bias terhadap China, negara tempat virus corona pertama kali terdeteksi dan menyebar ke seluruh dunia.

Bahkan sejak Maret, Trump menggembar-gemborkan AS sebagai pendonor terbesar akan menangguhkan dana bagi WHO. Ia menegaskan akan mengerahkan seluruh pengaruhnya untuk menyetop aliran dana AS pada badan kesehatan dunia tersebut.

Trump menuding virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan. Politikus Partai Republik itu mengklaim pemerintahannya mempunyai bukti bahwa virus corona adalah hasil rekayasa di laboratorium Institut Virologi Wuhan, China. Namun, China berkali-kali membantah dugaan tersebut.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close