Lintas Daerah

Dipastikan, UN SMP Gunakan Soal-soal Kategori HOTS

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memastikan pada Ujian Nasional SMP yang akan digelar 22 – 25 April mendatang, akan akan mengujikan soal-soal dengan kategori HOTS (High Order Thingking Skills).

“Kategori ini akan menguji pemahaman siswa dan penalaran siswa terhadap suatu materi pembelajaran,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Dedi Budiono, Selasa (12/2/2019) di Yogyakarta.

Menurut dia, soal-soal ujian dengan kategori HOTS ini sebenarnya sudah mulai diterapkan pada ujian tahun lalu dan untuk tahun ini akan diberlakukan hal yang sama.

“Rasio soal HOTS dengan kesulitan paling tinggi diperkirakan mencapai sekitar 20 hingga 30 persen dari total soal yang diujikan dan sisanya memiliki tingkat kesulitan lebih rendah,” katanya.

Ujian nasional tingkat SMP di Kota Yogyakarta akan dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer yang mengujikan empat mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Inggris. “Seluruh soal dalam bentuk pilihan ganda,” ungkapnya.

Hasil ujian nasional bukan menjadi satu-satunya penentu kelulusan siswa tetapi lebih ditujukan sebagai pemetaan pendidikan serta di sebagian daerah digunakan sebagai syarat masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close