Nasional

Dinas Ke Luar Negeri, Eselon III-IV Dilarang Naik Business Class

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pejabat eselon III dan IV dilarang naik pesawat di kelas bisnis atau Business Class jika dalam perjalanan dinas ke luar negeri. Rupanya selama ini pejabat pegawai negeri sipil (PNS) itu menggunakan fasilitas mewah tersebut karena diperbolehkan.

Larangan penggunaan kelas bisnis dikeluarkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 181 tahun 2019 tentang tata cara pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri.

Dilansir CNBC Indonesia, melalui aturan terbaru nantinya Pejabat Eselon III dan IV hanya boleh menggunakan economy class dalam perjalanan dinasnya.

“Tadinya yang lebih dari 8 jam (perjalanan) seperti pejabat eselon IV dan III bisa kelas bisnis. Nah sekarang tidak boleh lagi,” kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara KemenkeuAndin Hadiyanto, Rabu (11/12/2019).

Menurut Andin, anggaran perjalanan dinas ke depan akan semakin efisien. Terutama, penghematan dari sisi pengeluaran di business class.

“Sehingga pejabat di level eselon IV dan III mereka ngga boleh pakai bisnis walaupun punya hak. Nanti instansinya sendiri tidak boleh memberikan itu lagi,” tegas Andin.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan perjalanan dinas harus sepantasnya dilakukan. Termasuk jumlah rombongan PNS harus efisien dan efektif. Nah, menurut Sri Mulyani, kepantasan tersebut yang harus diperbaiki.

Adapun dalam PMK tersebut, kegiatan yang dapat dilakukan sebagai perjalanan dinas adalah:

1. Pelaksanaan tugas dan fungsi yang melekat pada jabatan;
2. Mengikuti kegiatan magang di luar negeri;
3. Melaksanakan pengumandahan (detasering);
4. Mengikuti konferensi/ sidang internasional, seminar, lokakarya, studi banding, dan kegiatan-kegiatan yang sejenis;
5. Mengikuti dan atau melaksanakan pameran dan promosi; dan/ atau
6. Mengikuti training, pendidikan dan pelatihan, kursus singkat (short course), penelitian, atau kegiatan sejenis.

PMK terbaru ini pun berlaku sejak diundangkan pada 5 Desember 2019.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close