Lintas Daerah

Dinas ESDM Jatim akan Pasang Separator Semburan Lumpur Kutisari

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Jatim siap memasang separator (pemisah) di lokasi semburan lumpur di perumahan Kutisari Utara Surabaya.

“Separator itu untuk memisahkan antara air, minyak dan gas. Nanti dibuatkan penampungan sementara karena nanti ada ruangnya,” ujar Kepala Dinas ESDM Jatim Setiajit kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).

Untuk pemasangannya, BPBD siap membantu, namun membutuhkan surat pernyataan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bahwa kejadian semburan lumpur ini membutuhkan penanganan darurat sehingga harus ditanggulangi.

Mantan Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi tersebut segera berkirim surat ke Wali Kota Surabaya untuk membuat pernyataan darurat agar segera ditanggulangi.

“Sebab jika sudah ada pernyataan itu maka BPBD bersama IAGI akan membangun separator,” ucapnya.

Dengan dipasang separator nantinya, Setiajit menyatakan akan bermanfaat bagi warga sekitar, sebab gas yang keluar dari sumur tua bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga, sedangkan minyaknya diserahkan ke pihak Pertamina.

“Nanti dilihat seberapa besar gas yang ada. Kalau airnya dipisahkan, selanjutnya dibuang ke saluran air. Karena air yang mengandung minyak dan gas itu membahayakan, seperti limbah B3,” katanya. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close