Dilempar Molotov, Ruangan di Kementerian ESDM Terbakar

Dilempar Molotov, Ruangan di Kementerian ESDM Terbakar
Lobby gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dirusak oleh massa demonstran yang melempari gedung tersebut dengan bebatuan, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Oktober 2020. (Foto/Beritasatu)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tak luput dari sasaran aksi anarkistis pendemo yang menolak UU Cipta Kerja, pada Kamis (8/10/2020). 

Sejumlah ruangan di Kementerian ESDM sempat terbakar akibat lemparan Molotov dari demonstran. 

Meskipun api tidak sampai menghanguskan ruangan, kerusakan yang ditimbulkan cukup parah. Sebab, pendemo juga melempar batu ke pintu kaca dan jendela ruangan,

“Batunya besar-besar, dan kami sudah mengevakuasi para pegawai. Beberapa spot (ruangan) terbakar akibat Molotov,” ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif dikutip Beritasatu, Jumat (9/10/2020).

Selain kerusakan ruangan, lanjut Arifin, sejumlah mobil yang diparkir di halaman Kementerian riusak berat menjadi sasaran anarkisme demonstran.

“Ada delapan kendaraan yang diparkir rusak berat,” ujarnya.

Saat unjuk rasa pada Kamis sore, pendemo yang terdesak karena dihalau aparat keamanan menjauhi dari wilayah Istana Merdeka, menyelamatkan diri antara lain ke Kementerian ESDM. 

Mereka bahkan sempat masuk ke sejumlah ruangan dan menjarah barang-barang yang ada di dalamnya, seperti telepon genggam dan laptop.