Hukum

Dilaporkan PKPI, Komisioner KPU Diperiksa Polda Metro Jaya Siang Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asyari menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait dengan laporan yang disampaikan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI) beberapa waktu lalu.

“Saya hari ini pukul 11.00 WIB hadiri panggilan Polda Metro atas laporan PKPI,” kata Hasyim, Kamis (31/5/2018).

Pemeriksaan akan dilakukan oleh Unit IV Cyber Crime Direktorat Reserse Khusus Polda Metro Jaya.

Sekretaris Jenderal PKPI Imam Anshori mengatakan, pihaknya enggan mencabut laporan tersebut karena belum ada pernyataan permohonan maaf dari Hasyim.

“Kami belum dengar pengakuan dia bahwa bersalah menyampaikan itu,” kata Imam.

Menurut Imam, Hasyim semestinya meminta maaf ke PKPI dan publik karena memberi pernyataan yang salah.

“Kalau nanti ketika pemeriksaan pertama menyatakan salah, ada penyesalan ya kami cabut. Jadi sampai saat ini belum ada permintaan maaf dari dia,” ujarnya.

Imam pun berharap, persoalan tersebut bisa segera diselesaikan dengan cara baik-baik.

“Sebagai pejabat publik semestinya dia menyatakan hal yang benar. Sebelum berbicara cek dulu aturannya seperti apa,” ucapnya.

“Ini juga pembelajaran untuk yang lain agar memberikan pernyataan sesuai aturan yang ada agar tidak menyesatkan,” sambungnya.

Sebelumnya, Hasyim dilaporkan karena dianggap menyebarkan berita bohong yaitu mengatakan KPU akan mengajukan peninjauan kembali terhadap putusan yang sudah didapat PKPI.

Pernyataan Hasyim itu dianggap meresahkan dan menurunkan kepercayaan kader kepada PKPI. Laporan tersebut tertuang dari laporan polisi nomor LP/2088/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimum tertanggal 16 April 2018.

Pasal yang disangkakan kepada Hasyim Ashari adalah Pasal 27 ayat 3 jo Pasat 45 ayat 3 UU RI nomor 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2018 tentang ITE dan atau Pasal 310 dan atau Pasal 311 KUHP tentang pencemaran nama baik melalui media elektronik. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close