Ekonomi

Dilantik Hari Ini, Perry Warjiyo Sah Jadi Gubernur BI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Perry Warjiyo resmi menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018-2023 seiring dengan pelantikannya di Mahkamah Agung RI pagi hari ini, Kamis (24/5/2018). Perry menjadi orang nomor satu di bank sentral menggantikan Agus Martowardojo.

Ketua MA Hatta Ali menyampaikan berdasarkan surat Keputusan Presiden RI Nomor 70/P/2018 tanggal 16 April 2018 saudara Perry Warjiyo telah diangkat sebagai Gubernur BI.

“Sebelum memangku jabatan Gubernur BI saudara wajib mengucapkan sumpah jabatan, bersediakah saudara mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan?” tanya Ketua MA kepada Perry.

“Bersedia,” jawab Perry.

Selanjutnya naskah sumpah diserahkan kepada saudara Perry.

Kemudian Perry menerima naskah sumpah jabatan dari Mahkamah Agung. Rohaniwan mendekatkan Alquran ke kepala Perry.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya menjadi gubernur secara langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun tidak berikan atau menjanjikan sesuatu ke siapapun juga. Saya bersumpah dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu tidak akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga suatu janji atau pemberian dalam bentuk apapun. Saya bersumpah saya akan melaksanakan kewajiban Gubernur BI dengan sebaiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Saya bersumpah saya akan setia terhadap negara konstitusi dan haluan negara,” ucap Perry.

Setelah pengucapan sumpah jabatan selesai Perry menandatangani berita acara di depan ketua MA. Kemudian dilanjutkan pemberian ucapan selamat kepada Perry dari tamu yang hadir.

Dari pantauan detikFinance sejumlah pejabat BI hadir dalam pelantikan ini seperti mantan Gubernur BI Agus Martowardojo, Dewan Gubernur BI, Anggota Dewan Komisioner OJK, Direktur Eksekutif BI, Kepala Perwakilan Wilayah BI, hadir dalam pelantikan ini.

Menteri PAN RB Asman Abnur, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sosial Idrus Mahram

Direksi perbankan nasional baik swasta maupun BUMN juga hadir dalam acara sumpah jabatan ini. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close