Internasional

Dilanda Gelombang Panas, Warga Kolombia Diminta Tunda Hubungan Seks

BOGOTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah kota di Kolombia mengimbau warganya untuk tidak berhubungan seks. Menurut pemerintah, berhubungan seks berbahaya di tengah gelombang panas yang melanda negara ini.

Diberitakan The Independent, Minggu (19/8), imbauan ini disampaikan pejabat kesehatan kota Santa Maria, Julio Salas.

Tidak berhubungan seks adalah salah satu dari beberapa hal yang diimbau Salas tidak dilakukan pada cuaca panas, selain banyak minum air dan pakai baju tipis.

“Hindari bercinta atau berhubungan seks ketika suhu sedang tinggi, terutama di siang hari, karena aktivitas ini memerlukan gerakan fisik dan meningkatkan denyut jantung,” kata Salas dalam wawancara dengan sebuah stasiun radio.

Dia menyarankan, setiap kegiatan fisik termasuk seks harus ditahan pelaksanaannya setidaknya hingga matahari terbenam “atau ketika suhu rendah”.

Komentar Salas ini menuai perdebatan. Pasalnya seks menurut Asosiasi Jantung Amerika dianggap aktivitas fisik sedang, seperti halnya naik dua anak tangga.

Suhu di Kolombia saat ini memang sedang mencapai titik terpanas. Di Santa Maria suhu tertinggi mencapai 40 derajat Celcius. Salas mengatakan, rumah sakit kewalahan menangani membanjirnya pasien dengan gejala serangan panas, seperti mual dan pusing. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close