Dikira Rongsokan, Mortir Aktif Ini Disimpan di Atap Rumah

Dikira Rongsokan, Mortir Aktif Ini Disimpan di Atap Rumah
Mortir yang ditemukan warga di Garut. (Foto/Viva)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Seorang warga bernama Tintin (55), warga Jalan Muhamadiyah, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terkejut lantaran benda yang disimpan di atap rumah merupakan bahan peledak jenis mortir masih aktif.

Mortir dengan ukuran 50 MM USA tahun 1962 tersebut sebelumnya ditemukan saat merenovasi rumah. Karena dikira barang rongsokan, mortir tersebut disimpan di atap rumah sekitar satu bulan lamanya.

Kanit Reskrim Polsek Garut Kota, Ipda Amirudin Latif, mengatakan bahwa beruntung ada tetangga Tintin yang mengetahui benda tersebut merupakan mortir aktif. Mortir tersebut langsung dievakuasi oleh petugas, Rabu, (9/9/2020).

"Jadi tetangga inilah yang menghubungi kami, dan memberitahukan adanya bahan peledak jenis mortir," ujarnya.

Mortir tersebut diduga merupakan peninggalan perang. Saat ini mortir diamankan oleh Denpal 062 Tarumanegara. "Sudah diamankan, untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut," kata Amir.

Dia mengimbau masyarakat agar segera melaporkan jika menemukan mortir. Karena jika mortir tersebut dimainkan atau dipegang-pegang dan disimpan di tempat sembarangan, bisa berbahaya.

"Kalau menemukan mortir atau jenis lainnya untuk segera melapor kepada pihak kepolisian," katanya.