Diganti Pertalite, Pemerintah Bakal Hapus Premium 

Diganti Pertalite, Pemerintah Bakal Hapus Premium 
BBM Premium

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium akan segera digantikan dengan pertalite.

Upaya ini bertujuan memperbaiki kondisi lingkungan dengan mengurangi penggunaan BBM bernilai oktan (RON) 88 atau jenis premium. Pemerintah akan menyusun peta jalan (roadmap) pengunaan BBM ramah lingkungan dengan menghapus premium secara bertahap dan beralih ke RON 90 atau jenis pertalite.

"Premium ini secara volume sebenarnya sudah semakin kecil. Masyarakat sudah shifting (berpindah) ke pertalite. Ke depan, pertalite bisa menggantikan premium," ujar Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih dalam konferensi pers virtual, dilansir Mediaindonesia.com, Senin, 25 Oktober 2021.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan saat ini hanya tujuh negara yang masih menggunakan BBM jenis premium, termasuk Indonesia. Pemerintah diketahui akan memulai tahapan pengurangan BBM jenis premium pada tahun depan.

Namun, semua rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan pemerintah. Serta, harus mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

"Pastinya ini sedang kita kaji dan harus mendapatkan persetujuan dari Bapak Presiden. Kita berkomitmen untuk memperbaiki kondisi lingkungan, sehingga penggunaan premium dipikirkan ke depan," pungkas Soerjaningsih.

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga tengah intens mengedukasi konsumen untuk mengurangi pemakaian BBM jenis premium. BPH Migas mencatat serapan premium pada Januari-Juli 2021 tergolong rendah, yakni 2,71 juta kiloliter (KL) atau hanya 27,18 persen dari kuota 10 juta KL.