Diduga Ingin Membelot ke Korea Utara, Pejabat Korea Selatan Ditembak Tentara

Diduga Ingin Membelot ke Korea Utara, Pejabat Korea Selatan Ditembak Tentara
Tentara Korea Selatan di Perbatasan Paju (foto Merdeka.com)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Diduga sedang mencoba membelot ke Korea Utara, seorang pejabat perikanan Korea Selatan yang hilang pada Senin mungkin telah ditembak tentara Korea Utara dan kemudian dikremasi. Insiden ini dilaporkan kantor berita Yonhap, mengutip sumber intelijen anonim di Seoul.

Pejabat ini dilaporkan hilang dari kapal patroli perikanan Korea Selatan saat berada sekitar 10 kilometer di selaran Garis Batas Utara (NLL), garis sengketa kontrol militer yang bertindak sebagai perbatasan maritim de facto antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Dilansir Alarabiya, Kamis (24/9), alasan tepat pejabat berusia 47 tahun itu ditembak masih belum diketahui, tapi pasukan Korea Utara bisa jadi bertindak di bawah perintah penanganan anti virus corona, sebagaimana dilaporkan Yonhap mengutip sejumlah sumber.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan dan Badan Intelijen Nasional tidak segera merespons permintaan komentar atas insiden ini.

Komandan militer AS di Korea Selatan mengatakan awal bulan ini, pasukan Korea Utara diberikan perintah tembak untuk mencegah masuknya virus corona ke negara komunis tersebut.