Lintas Daerah

Diduga Ilegal, Warga Laporkan Penambang Biji Besi ke Polisi

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Diduga ilegal dan dikuatirkan akan merusak wilayah pesisir, perwakilan warga Desa Pasar Seluma, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu melaporkan aktivitas PT Rusan Sejahtera ke Polres Seluma yang menambang pasir biji besi di sekitar desa mereka.

“Kami melaporkan perusahaan itu ke Polres Seluma untuk menghentikan seluruh aktivitasnya karena belum ada izin,” kata Kepala Desa Pasar Seluma, Hertoni, di Bengkulu, Kamis (5/7/2018).

Djelaskannya, adanya dugaan perusahaan tersebut tidak lengkap perizinannya setelah Pemda Seluma menggelar rapat pada 2 Juli 2018. Pemerintah daerah Kabupaten Seluma tidak pernah mengeluarkan izin penambangan pasir biji besi di wilayah itu.

Karena tidak memiliki izin lingkungan, sebelumnya pada 26 Juni 2018 aparatur dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seluma telah menutup area penambangan tersebut. “Ironisnya, sekarang aktivitas di lokasi tambang masih berlanjut, bahkan alat berat yang didatangkan juga tambah banyak,” kata Hertoni.

Menurutnya, pihak perusahaan terlalu nekad beraktivitas tanpa izin namun pemerintah daerah dan aparat kepolisian juga membiarkan aktivitas melanggar hukum tersebut berlanjut. Dengan desakan segera menertibkan seluruh aktivitas pertambangan, perwakilan warga secara resmi melaporkan aktivitas penambangan pasir biji besi tersebut ke pihak kepolisian. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close