Pendidikan

Didemo Ratusan Siswa, Kepsek SMAN 2 Malang Dicopot

MALANG, SENAYANPOST.com – Gejolak pendidikan melanda Kota Malang. Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kota Malang melakukan aksi demonstrasi di halaman depan sekolah, Kamis (5/4/2018). Demonstrasi dilakukan siswa kelas 10 hingga 12.

Siswa menuntut Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Malang, Retno Dwi untuk mundur dari jabatannya. Dia dinilai menyalahgunakan wewenang, dengan bertindak arogan, melecehkan secara verbal dan non-verbal kepada siswa sekolah.

“Sering melecehkan siswa dengan kata-kata kasar, kedua ibadah dipersulit, diwajibkan membeli seragam di sekolah dengan harga yang lebih mahal dibandingkan di luar sekolah,” ujar Siswa SMAN 2 Kota Malang, Nisnanda Suprayitno.

Siswa terus meneriakan tuntutan mundur kepada Retno. Selain berorasi demonstran juga membawa sejumlah poster tuntutan. Mereka mengecam arogansi Retno, meminta Retno untuk segera dicopot dari kepala sekolah SMAN 2 Kota Malang.

Retno menjadi kepala Sekolah SMAN 2 Kota Malang sejak 2014. Sebelumnya Retno pernah menajadi kepala sekolah SMAN 3 Kota Malang dan SMAN 6 Kota Malang. Selama menjadi kepala SMAN 2 Kota Malang, ucapan Retno dianggap sering menyakiti siswa.

“Selama ini siswa selalu ditindas, kita selalu diejek, kalau mau mengingatkan keterlaluan kayak dikatai anak setan lah, dijundu, dikatain anak lembek,” tandas Milka Lima Anisa.

Aksi arogan kepala sekolah SMAN 2 Kota Malang, Retno Dwi kepada siswanya berbuntut panjang. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menon-aktifkan Retno sebagai kepala sekolah sejak Kamis (5/4/2018).

“Saat ini sudah ditarik ke Dinas Pendidikan Pemprov Jatim. Soal sanksi itu yang memutuskan adalah Pemprov Jatim kita tidak mengetahui,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Malang, Tri Suharno.

Tri Suharno menyebut pihaknya siap menampung aspirasi para siswa. Dinas Pendidikan Pemprov Jatim saat ini telah mempersiapakn Pelaksana Tugas kepala sekolah untuk bertugas sementara di SMAN 2 Kota Malang.

“Yang jelas sebagai gantinya mulai Jumat besok ada pelaksana tugas di SMA ini. Pihak sekolah juga meliburkan siswa selama sehari akibat demo ini,” ucap Tri. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close