Sepak Bola

Dibalut 13,5 Pon Emas 18 Karat, Berapa Sih Harga Trofi Piala Dunia?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Jutaan pasang mata ke Rusia. Di negara berjuluk Beruang Merah ini, sebanyak 32 negara tengah berlaga memperebutkan trofi Piala Dunia.

Nah, khusus bicara soal trofi Piala Dunia, mungkin masih banyak yang penasaran, seperti apa sih sejarah trofi dan berapa kisaran harganya?.

Trofi Piala Dunia 2018 dibuat khusus oleh seniman Italia Silvio Gazzaniga. Trofi ini bernilai sekitar USD20 juta atau Rp280 miliar (kurs Rp14.000) seperti dikutip dari CNBC, Rabu (20/6/2018).

Trofi Piala Dunia pertama kali dirancang dan dibuat oleh Gazzaniga pada tahun 1974. Piala yang sama diberikan kepada tim pemenang Piala Dunia setiap empat tahun.

Trofi ini tingginya sekitar 14,5 inci, terbuat dari 13,5 pon emas dengan kadar 18 karat. Trofi ini dibuat menyerupai dua atlet mengangkat tangan mereka dalam kemenangan sambil mempertahankan dunia.

Di akhir pertandingan final Piala Dunia, trofi diberikan kepada tim pemenang, yang kemudian mendapatkan nama negaranya terukir di bawah trofi.

FIFA sebenarnya pertama kali memberikan pemenang Piala Jules Rimet pada tahun 1946, dinamai dari pendiri Piala Dunia. Tetapi setelah serangkaian peristiwa penuh gejolak, di mana trofi itu disembunyikan selama Perang Dunia II, dicuri di Inggris, secara permanen diberikan kepada Brasil dan dicuri lagi pada tahun 1983, FIFA membuat trofi Piala Dunia yang baru.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close