Tak Berkategori

Diaz Hendropriyono Dampingi Menkes Resmikan Pusat Kanker Terpadu di RSCM

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Kesehatan, Dr. Terawan Agus Putranto didampingi Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono melakukan peresmian Pusat Kanker Terpadu (PKaT) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Peresmian ini bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia pada Selasa (4/2/2020).

Diaz Hendropriyono menyatakan sangat mendukung keberadaan PKaT ini karena dapat mengurangi beban pelayanan penderita kanker yang terus meningkat. Pusat kanker ini dinilai meminimalisir keterlambatan pengobatan yang dapat memperburuk kondisi pasien.

“Kami tahu bahwa RSCM adalah salah satu rumah sakit rujukan utama para pasien kanker. Dengan adanya tambahan fasilitas pusat layanan kanker satu atap ini, saya rasa kehadiran pemerintah dapat lebih terasa untuk masyarakat. Secara khusus bagi para penderita kanker,” jelas staf khusus bidang isu strategis ini.

Gedung PTaK ini terbangun oleh kolaborasi pemerintah dan pihak swasta. Pemerintah berperan untuk menyediakan alat-alat medis untuk penanganan kanker, Medco Energy sebagai sektor swasta menyediakan gedung dan interiornya, serta menggandeng dokter-dokter spesialis kanker terbaik untuk turut terlibat.

Diaz berharap ke depannya sistem kemitraan swasta publik ini bisa lebih digalakkan lagi untuk pembangunan kesehatan Indonesia. Tak hanya itu, ia juga mengharap masyarakat dapat bekerja sama dengan cara meningkatkan kesadaran terhadap pencegahan penyakit kanker.

Hal itu dapat dilakukan dengan menjaga pola makan, memiliki gaya hidup yang sehat, serta melakukan upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker.

“Tentunya saya dan juga Pak Menkes berharap masyarakat juga memiliki kesadaran untuk melakukan upaya deteksi dini. Bahkan jika memungkinkan, secara rutin melakukan medical check-up. Karena tanpa kesadaran ini, fasilitas sebagus apapun yang disediakan oleh pemerintah nantinya akan sia-sia,” himbaunya.

Tiga alat radioterapi yang disediakan oleh pemerintah di antaranya adalah Mesin Radioterapi Halcyon, 4D CT Stimulator, serta Versa-HD. Dengan ketiga mesin baru yang disediakan pemerintah tersebut, kini RSCM menjadi pelopor teknologi radioterapi 4D di Indonesia.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close