Dianggap Tak Efektif, Warga Bodebek Dilarang Pakai Masker Scuba dan Buff

Dianggap Tak Efektif, Warga Bodebek Dilarang Pakai Masker Scuba dan Buff
ilustrasi Masker Scuba (foto viva.co.id)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Masyarakat Jawa Barat diimbau untuk membiasakan diri tidak menggunakan masker scuba dan masker buff. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan masker jenis itu tidak efektif menangkal sebaran virus corona (COVID-19).

Terutama bagi warga yang berdomisili di Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), dilarang keras menggunakan masker bahan tersebut.

"Dahulu scuba oke (dipakai) karena mudah dan murah, sekarang tidak boleh ya. Sudah menyesuaikan atau beradaptasi saja, karena ini bagian dari AKB," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, penggunaan masker dalam aktivitas sehari-hari pada masa pandemi harus menjadi kebiasaan pokok. "Dahulu yang pakai masker hanya untuk yang sakit, setelah direvisi ternyata untuk (dipakai) orang yang sehat juga," ujarnya.

Diketahui, penggunaan masker merupakan satu dari tiga protokol kesehatan 3M. Dua hal lainnya adalah menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Dari tiga cara pencegahan penularan COVID-19 itu, penggunaan masker dinilai paling penting dan efektif, asalkan masker yang dipakai sesuai dengan jenis masker yang efektif mencegah penularan virus. Masker yang layak antara lain masker bedah atau masker medis dan masker kain tiga lapis.