Dian Sastro Tanya Kapan Sekolah Dibuka, Nadiem Makarim Tak Bisa Jawab

Dian Sastro Tanya Kapan Sekolah Dibuka, Nadiem Makarim Tak Bisa Jawab
Dian Sastro

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Dian Sastro bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, terlibat diskusi lewat siaran langsung di Instagram. Aktris sekaligus produser film itu melontarkan pertanyaan kepada Nadiem mewakili orang tua tentang kapan sekolah akan kembali dibuka.

"Jadi belajar di rumah melalui daring, kapan sih sekolah itu buka mas Menteri? Apalagi dengan adanya PSBB jilid II dan angka Covid-19 yang juga tidak turun," tanya Dian Sastro, Jumat (9/10).

Nadine lalu mengaku tak bisa menjawab. Menteri yang mengimbau belajar secara online itu tak bisa memastikan karena pandemi Covid-19 saat ini belum juga mereda.

"Ya, itu pertanyaan yang saya dengan sangat sedih harus menjawab saya tidak tahu jawaban itu," jawab Nadiem.

"Karena kalau saya bisa menanyakan Covid-19 kapan anda bisa pergi dari sini (Indonesia), tentunya saya akan tahu jawabannya," tambahnya.

Sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadine tak punya wewenang menentukan apakah daerah-daerah di Indonesia aman dari virus corona atau tidak.

"Level keparahan dan yang menentukan apakah daerah itu ada di zona merah, kuning, hijau ada di satgas kita. Kemendikbud menentukan aturan main, berdasarkan evaluasi yang dilakukan satgas covid nasional. Jadinya, mohon maaf untuk itu saya bisa menjawab secara definitif, sangat sulit sekali dan menyedihkan," kata Nadiem.

Meski sekolah dilakukan secara online, Nadiem tetap berusaha memfasilitasi siswa, guru dan orang tua agar tak semakin terbebani.

"Waktu semua komplain, saya perjuangkan siang dan malam untuk kita mendapatkan Rp7,2 triliun bantuan pulsa," jelas Nadiem Makarim.

Nadiem Makarim juga membuat kurikulum darurat. Di mana yang harusnya berjalan selama tiga tahun bisa rampung hanya dalam tiga bulan. Namun itu hanya berlaku untuk sekolah yang mau melakukannya.