Nasional

Di Tengah Wabah Corona, Pemerintah Imbau Warga Tak Mudik Lebaran

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pergerakan manusia dalam jumlah besar seperti mudik Lebaran berpotensi menambah penyebaran virus corona. Karena itu, pemerintah meminta masyarakat tidak mudik menjelang tahun ini.

“Sudah barang tentu kita rindu untuk bisa pulang kampung halaman. Namun yang lebih penting mari kita jaga kampung halaman kita tetap sehat,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, di kantor BNPB, Rabu (1/4/2020).

Pemerintah belum secara resmi memutuskan kebijakan terkait larangan mudik di tengah lonjakan jumlah positif Covid-19 di Indonesia.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, sebelumnya menyatakan kebijakan tentang mudik lebaran masih dibahas dan akan segera diputuskan hari ini.

“Menyangkut masalah mudik atau tidak mudik tadi sudah dibahas secara detail melibatkan para gubernur, jadi mohon bersabar dulu, untuk keputusan ini akan dikeluarkan besok sore,” ujar Doni dalam jumpa pers melalui siaran langsung akun Instagram Sekretariat Kabinet, Senin (30/3).

Presiden Joko Widodo di kesempatan yang sama meminta pemerintah daerah lebih tegas melarang warga mudik ke kampung halaman. Sejumlah pemerintah daerah diketahui telah membuat kesepakatan untuk melarang mudik selama pandemi virus corona (covid-19).

Pasalnya, diketahui saat ini meski sejumlah daerah telah meminta warganya untuk tak mudik, namun ribuan warga dari Jabodetabek masih berbondong-bondong pulang ke kampung halaman yang kebanyakan berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close