Hukum

Di Rutan Salemba, Ombudsman Temukan Napi Tidur di Luar Sel

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ombudsman RI melakukan sidak ke Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2018) malam. Ombudsman mengaku kaget sebab melihat para tahanan Rutan Salemba bersantai di selasar di luar sel. Ombudsman meminta penjelasan sebab pihak rutan seolah membiarkan.

Komisioner Ombudsman Ninik Rahayu menilai tahanan bisa bersantai di luar sel merupakan kondisi yang tak lazim.

“Setahu saya lebih dari jam 4 sore termasuk di lokasi-lokasi yang over kapasitas itu sama protapnya (tahanan) harus masuk ke ruangan dan dikunci. Itu juga yang tadi saya confirm ke Bu Dirjen juga sama, begitu. Kalau pun ada kebijakan itu yang harus bisa dijelaskan,” kata Ninik di Rutan Salemba.

Dalam sidak ini Ombudsman juga menyoroti soal fasilitas kesehatan di Rutan Salemba. Sebab, tak dokter jaga yang bersiaga jika sewaktu-waktu ada tahanan yang sakit.

“Tenaga Kesehatan mungkin harus juga menjadi perhatian, ya. 3.200 (tahanan) lebih enggak ada dokter yang stand by. Perawat satu, enggak kebayang. Selain itu, meskipun dilatih, dia bukan tenaga medis, dia tidak boleh melakukan tindakan medis,” papar Ninik.

Dalam sidak kali ini, Ninik yang ditemani Komisioner Ombudsman lainnya, Adrianus Meliala juga mengecek kesiapan CCTV. Saat masuk ke ruang CCTV, di monitor nampak sejumlah CCTV yang tidak berfungsi.

“Sejumlah CCTV yang mati dan penjaga yang tidak stand by di tempat menurut saya itu juga musti jadi perhatian. Karena kan lebaran begini, situasi keamanan biasanya harus diperhatikan,” ujar Ninik. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close