Dewas KPK Segera Sidang Firli Bahuri

Dewas KPK Segera Sidang Firli Bahuri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dewan Pengawas (Dewas) KPK segera menggelar sidang kode etik terhadap Ketua KPK Firli Bahuri. Sidang akan berlangsung bulan ini secara tertutup.

“Jadi Bapak Ibu percayalah kami akan sidangkan semaksimal, seobjektif mungkin dalam sidang itu, tapi dilaksanakan tertutup,” kata anggota Dewas KPK Angelina Ho di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Albertina mengatakan sidang etik berbeda dengan sidang tindak pidana korupsi. Sidang etik tidak masuk dalam ranah pemidanaan.


“Karena kita tahu masalah etik bukan benar atau salah tetapi masalah pantas atau tidak pantas, masalah patut atau tidak patut,” papar Albertina.

Albertina menjamin independensi dewas KPK. Dewas tak terpengaruh siapa pun.

“Bapak Ibu tak perlu khawatir pada akhirnya di putusan itu, akan dilaksanakan secara terbuka jadi siapa saja bisa melihat,” ucap Albertina.

Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan Firli ke Dewas KPK terkait penggunaan helikopter mewah untuk perjalanan dari Palembang ke Baturaja, Sumatra Selatan, Sabtu, 20 Juni 2020. Perjalanan Firli ke Baturaja untuk ziarah ke makam orang tua.

Koordinator MAKI sekaligus pelapor Boyamin Saiman mengatakan Firli naik helikopter jenis Helimousine President Air yang pernah digunakan motivator Tung Desem Waringin. Helikopter tersebut milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO.

Boyamin mengeklaim jarak tempuh dari Palembang ke Baturaja hanya membutuhkan waktu empat jam dengan mobil. Penggunaan helikopter dinilai bertentangan dengan kode etik pimpinan KPK.