Deretan Perusahaan yang Beruntung Selama Pandemi Covid-19

Deretan Perusahaan yang Beruntung Selama Pandemi Covid-19
Construction Executive

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Perusahaan idaman untuk tempat bekerja di Singapura, Malaysia, dan Filipina berdasarkan LinkedIn adalah perusahaan yang cepat beradaptasi dengan pandemi.

Perusahaan tersebut terus membuka peluang bagi karyawan untuk meningkatkan karirnya. Karena itu, perusahaan ini menduduki peringkat atas kategori perusahaan terbaik untuk bekerja di Asia tenggara di tahun 2021 versi LinkedIn.

Dengan fokus riset di Singapura, Malaysia dan Filipina, situs jaringan profesional ini menilai kinerja perusahaan melalui tantangan-tantangan yang belum pernah terjadi pada 2020.

Lalu mereka merumuskan daftar 15 pemberi kerja terkemuka di tiap negara.

Setiap perusahaan diukur berdasarkan tujuh faktor utama yang dapat meningkatkan karir yaitu; kesanggupan untuk maju, pertumbuhan keterampilan, stabilitas perusahaan, kesempatan ke luar, ikatan dengan konsumen, keanekaragaman gender, dan latar belakang pendidikan.

Secara keseluruhan, mereka yang berhasil menyeimbangkan pembangunan sisi profesional dengan kehidupan personal menjadi pilihan yang terbaik.

"Tahun lalu menjadi tantangan yang luar biasa bagi banyak orang di seluruh dunia dan perusahaan top. Pilihan metodologi riset mencerminkan fakta ini," kata Chris Anderson, editor senior area Asia-Pasifik di LinkedIn seperti dikutip dari CNBC.com (14/5/2021).

Berikut daftar perusahaan favorit di tiga negara yang diteliti;

Di Singapura terdapat 15 perusahaan besar terpilih untuk tahun 2021. Ini tersebar untuk industri perbankan, jasa keuangan, akuntansi, dan teknologi.

1. Bank OCBC

Perusahaan di posisi teratas adalah bank OCBC yang memberikan masa cuti tambahan yang diperlukan selama vaksinasi. Mereka menunjuk CEO perempuan pertama pada bulan Januari, keberagaman akan menjadi prioritas perusahaan, mereka juga terus melakukan perekrutan untuk penasihat keuangan dan spesialis hipotek.

2. Standard Chartered

Peringkat kedua bank multinasional Standard Chartered, yang juga memiliki visi kesetaraan gender. Bank ini juga mendukung pekerjaan jarak jauh, berjanji memotong sepertiga ruang kantornya dalam waktu empat tahun dan memperkenalkan kebijakan baru dengan membiarkan para staf memilih kapan dan di mana mereka bekerja.

3. Unilever

Perusahaan segmen konsumer asal Inggris, Unilever muncul di posisi ketiga karena dukungan yang diberikan kepada masyarakat lokal selama puncak pandemi di Singapura. Bisnis perusahaan tersebut juga diakui karena berkelanjutan dan mendukung kesetaraan gender. Selanjutnya mereka mempertahankan model kerja hibrid, janji mereka adalah karyawan tidak akan pernah kembali bekerja ke meja lima hari penuh seperti sebelumnya.

4 EY - akuntansi

5. UOB - bank

6. Citi - jasa keuangan

7. Accenture - Jasa dan produk IT

8. ST Engineering - mesin atau teknik industri

9. FairPrice Group- ritel

10. Sea- Internet

11. IBM - teknologi informasi dan jasa

12. PWC - auditor

13. KPMG - akuntansi

14. Prudential PLC - sektor jasa keuangan

15. Bank DBS - Bank

Sementara itu di Malaysia terdapat 15 perusahaan di posisi top untuk tahun 2021. Sebagian besar adalah perusahaan multinasional di sektor minyak dan gas, perbankan dan telekomunikasi.

1. Petronas

Perusahaan minyak dan gas milik pemerintah Malaysia menduduki peringkat utama sebagai di tahun 2021. Dengan staf hampir 40.000 meliputi fungsi dari teknik hingga energi, perusahaan telah mengalami kemajuan dalam mendorong kesetaraan gender. Perempuan mengisi dari seperempat (27%) tenaga kerjanya dan perusahaan menyambut kepala keuangan wanita pertamanya tahun lalu.

2. Permodalan Nasional Berhad

Salah satu pengelolaan dana terbesar di Malaysia, berada di urutan kedua di antara perusahaan-perusahaan utama negera itu. Dia memperkenalkan pengaturan kerja yang fleksibel pada awal pandemi, dan sejak itu telah menambahkan faktor stres dan pelatihan pengelolaan waktu bagi para pekerja. Sementara itu, perusahaan ini menganjurkan pengembangan profesional melalui program pelatihan staf dan beasiswanya.

3. Tenaga Nasional Berhad

Perusahaan infrastruktur yang berjanji untuk menciptakan lebih banyak pekerjaan selama beberapa tahun mendatang karena perusahaan bergerak menjauhi teknologi bahan bakar fosil, termasuk memperluas ekspansi di Vietnam dan Singapura.

4 AIA - asuransi

5. Telekom Malaysia - telekomunikasi

6. Accenture — layanan teknologi informasi

7. Maybank - bank

8. Bank OCBC - Bank

9. pwc -akuntansi

10. Standard Chartered Banking - Banking

11. EY - akuntansi

12. Axiata - telekomunikasi

13. Prudential PLC - jasa keuangan

14. Intel Corporation - semikonduktor

15. Hong Leong Bank Berhad - jasa keuangan

Filipina memiliki 15 perusahaan di tahun 2021 yang tersebar dari sektor perbankan ke telekomunikasi hingga perusahaan makanan minuman.

1. Philippine National Bank

Bank Nasional Filipina diakui karena keunggulan mereka dalam menanggapi pandemi, dan berhasil tetap menguntungkan pada tahun 2020. Melihat ke depan, para pemimpin bank mengatakan pihaknya optimis tentang masa depan yang sedang dilakukannya dengan strategi digitiasi.

2. Smart Communication

Perusahaan ini dikenali karena respon terhadap krisis Covid-19, yang terus mempengaruhi Filipinapina. Perusahaan telekomunikasi menggunakan 600 toko di Metro Manila untuk membantu pelanggan mengakses layanan internet karena perusahaan beralih ke pekerjaan jarak jauh. Mereka juga meluncurkan program dukungan masyarakat untuk membantu para siswa yang menderita masalah kesehatan mental selama masa isolasi.

3 Manila Water

Perusahaan infrastruktur air Manila berada di urutan ketiga di antara perusahaan-perusahaan besar Filipina sebagai tempat bekerja favorit pada tahun 2021. Baru-baru ini mereka dipuji oleh karyawan karena memutuskan kembali ke kebijakan kerja, dengan rating 94% yang sangat tinggi. Perusahaan juga menawarkan program konseling kesehatan mental dan bantuan keuangan kepada karyawan, serta kesempatan belajar dan pembangunan.

4. Philip Morris International - tembakau

5. EY - akuntansi

6. Land Bank of the Philippines - Banking

7. Manulife — jasa keuangan

8. Metrobank - Banking

9. Accenture — layanan teknologi informasi

10. Nestle - makanan & minuman

11. Perusahaan Coca-Cola — makanan & minuman

12. Macquarie Group - jasa keuangan

13. NCR Corporation - teknologi informasi & layanan

14. BDO Unibank - jasa keuangan

15. IQVIA - rumah sakit & perawatan kesehatan