Depok Sandang Status Zona Merah Corona

Depok Sandang Status Zona Merah Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ada penambahan 13 kabupaten/kota di Indonesia yang kini masuk menjadi zona berisiko tinggi penularan virus corona atau zona merah. Salah satunya adalah Kota Depok yang sebelumnya adalah zona oranye (risiko sedang).

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menyebut Depok menjadi satu-satunya wilayah di Jawa Barat yang masuk zona merah penularan virus corona.

“Jawa Barat ada Kota Depok (masuk zona merah),” ujar Wiku saat konferensi pers secara virtual, Kamis (6/8).

Selain Kota Depok, ada 12 kabupaten/kota di Indonesia yang kini menjadi zona merah penularan virus corona, yakni:

Karangasem, Bali
Kota Gorontalo, Gorontalo
Gorontalo Utara, Gorontalo
Pohuwato, Gorontalo
Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan
Kota Ambon, Maluku
Mimika, Papua
Gowa, Sulawesi Selatan
Minahasa, Sulawesi Utara
Minahasa Selatan, Sulawesi Utara
Kota Prabumulih, Sumatera Selatan
Kota Binjai, Sumatera Utara

“Tentang perubahan 13 kabupaten/kota zona oranye jadi zona merah, atau risiko sedang jadi tinggi, ini perlu diperhatikan,” ungkap Wiku.

Wiku pun meminta pemerintah daerah setempat untuk memperhatikan penanganan virus corona dan melaporkan jika menemukan kendala. Selain itu, ia juga meminta peran dari masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan lelah menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker karena ini satu-satunya cara mengendalikan kasus,” jelasnya.

“Kami mohon pemda untuk meningkatkan penanganan COVID-19 agar zonasinya bisa membaik ke depannya, mari bekerja sama semoga kondisinya membaik,” pungkasnya.

Berdasarkan penuturan tim pakar Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah, peningkatan kasus di Depok belakangan sangat signifikan. Pekan lalu saja, ada 4 kematian corona di Jawa Barat, seluruhnya di Depok.