Internasional

Demonstran Serang Menteri Kehakiman Hong Kong

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Kehakiman Hong Kong Teresa Cheng diserang demonstran asal negaranya di London, Inggris. Insiden itu memicu kecaman dari pemerintah China dan Hong Kong.

Reuters melaporkan, peristiwa ini terjadi pada Kamis (14/11) saat Cheng di London untuk mempromosikan Hong Kong. Dalam video yang tersebar di Youtube, puluhan demonstran meneriaki Cheng “pembunuh” dan “memalukan”.

Dalam salah satu adegan, Cheng didorong hingga tersungkur di aspal sebelum pengawal melindungi dirinya. Menurut pernyataan pemerintah Hong Kong, Cheng menderita “luka serius” tapi tidak dijabarkan lebih detail.

“Cheng dikepung dan diserang puluhan aktivis pro-kemerdekaan dan anti-China. Ini menunjukkan bahwa pelaku kekerasan yang tidak tahu hukum membawa aksi mereka keluar negeri,” ujar pernyataan Kedutaan Besar China di Inggris.

China telah melayangkan protes resmi kepada Inggris terkait insiden tersebut. Mereka mendesak Inggris menangkap para pelaku.

Kecaman yang sama juga disampaikan pemimpin Hong Kong Carrie Lam. “Sekretaris (Lam) mengecam segala bentuk kekerasan dan radikalisme,” ujar pernyataan kantor Lam.

Peristiwa ini terjadi di tengah aksi protes massa di Hong Kong, menentang intervensi China di pemerintahan mereka. Pada Jumat, sekolah-sekolah dan kantor ditutup ketika massa menguasai kampus dan memblokade jalan.

Aksi protes di Hong Kong telah berlangsung selama enam bulan. Awalnya demonstran menolak RUU ekstradisi terpidana ke China Daratan. Namun setelah pemerintah Hong Kong membatalkan RUU tersebut, aksi tidak juga mereda. Massa kini mendesak kebebasan penuh di Hong Kong tanpa campur tangan China.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close