Politik

Demokrat: Gara-gara Cak Imin, Pembentukan Poros Ketiga Tertunda

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan pihaknya serius membahas pembentukan poros ketiga di luar Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan Hinca menanggapi pernyataan Wakil Sekjen PKB Daniel Johan terkait pembentukan poros ketiga.

Sebaliknya, Hinca mengatakan, justru Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang kerap berhalangan saat pertemuan dengan Demokrat dan PAN digelar untuk membahas poros ketiga.

“Saya kasih tahu sama teman-teman. Waktu pertemuan 9 Maret, ada PKB, PAN, Demokrat. Sebelumnya kami juga sekjen-sekjen bertemu, itu memang bersepakat mendiskusikan tentang kemungkinan-kemungkinan alternatif poros ketiga,” kata Hinca di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

“Setelah kami bertemu, kemudian ditingkatkan ke level ketua umum. Nah tiga kali sudah hampir bertemu, tidak jadi karena Cak Imin (Muhaimin) yang enggak datang. Jadi jangan dibalik-balik. Jadi sudah disiapkan, ada Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Bang Zulkifli Hasan juga ada, dia (Cak Imin) tidak bisa,” lanjut Hinca.

Bahkan, saat ketiga ketua umum partai kembali mengatur pertemuan, Cak Imin kembali berhalangan sehingga pembahasan poros ketiga kembali tertunda. Terlebih, saat ini hampir semua ketua umum tengah melakukan safari politik ke sejumlah daerah untuk berkampanye dalam rangka Pilkada 2018.

Namun, ia meyakini poros ketiga masih mungkin terbentuk karena masih ada waktu untuk memperbincangkannya.

“Saya mau mengatakan semua sudah siap, beliau (Cak Imin) yang kemudian menundanya. Gitu, jadi jangan membalik-balik,” ujarnya.

“Susah karena kami belum ketemu Cak Imin. Saya ketemu teman-teman di kesekjenan itu spirit diskusi terus tuh, mencari waktu kapan dia (Cak Imin) bisa, karena memang enggak mudah juga. Cak Imin lagi ada kegiatan, Pak SBY lagi tur di Jawa,” imbuhnya

Daniel sebelumnya menyatakan kemungkinan terbentuknya poros ketiga di luar Jokowi dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019 sangat kecil. Bahkan, Demokrat sebaga motor utama tak serius dalam membentuk poros ketiga.

“Poros ketiga, ya belum, sangat cair, Demokrat juga kayaknya enggak serius kok,” ucap Daniel.

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close