Ekonomi

Demo Mahasiswa Tak Miliki Dampak Negatif ke Perekonomian

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Aksi demo yang digelar mahasiswa maupun pelajar yang belakangan ini marak terjadi di Jakarta, dipastikan tidak bakal berdampak negatif kepada perekonomian Indonesia. Karena demo ini diketahui tak begitu politis.

“Enggak ada (dampak negatif) demo, bagus deh, ini diketahui less political, ini kan demo mahasiswa dan pelajar, berbeda dengan demo khilafah,” kata ekonom Faisal Basri, di Kantor Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Jakarta, Senin (30/9/2019).

Jika demo itu berbau politis dan berlangsung terus menerus, lanjutnya, mungkin dampaknya pun akan terasa kepada perekonomian. Namun, ia mengatakan demo ini adalah untuk Indonesia yang lebih baik.

“Orang juga lihat, asing juga melihat ini very good, tone-nya bagus,” kata Faisal. “Demo ini mudah-mudahan enggak lama,” harapnya.

Di samping itu, Faisal melihat gerakan mahasiswa pada beberapa hari terakhir ini berbeda dengan pada 1998. Kala itu, aksi dirancang dengan konsolidasi yang panjang. Sementara, pada kali ini, konsolidasi tampak seketika.

Ia memperkirakan mahasiswa cepat bergerak lantaran sudah merasa terancam masa depannya. Sebabnya, apabila korupsi tumbuh subur, maka hak pemuda di masa mendatang akan terancam.

Belum lagi dengan sumber daya alam yang habis digarap tak sesuai aturan. Kesadaran itu pun, kata Faisal, terus menjalar hingga ke tingkat pelajar. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close