Internasional

Demi Melihat Lukisan Banksy Rp 20 M, Ribuan Orang Rela Mengantre

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ribuan orang mengantre untuk melihat lukisan Banksy ‘Love is in the Bin’ yang senilai Rp 20 miliar akhir pekan lalu diperlihatkan ke hadapan publik di Galeri Mayfair, London.

Seorang pecinta seni, Will Gompertz, menuturkan di akun Twitter pribadinya, “Sotheby mengatakan ada seribu orang per jam mengantre untuk melihat karya Banksy kemarin. Terakhir kali saya melihat orang-orang antuasias seperti ini adalah lukisan ‘Salvator Mundi’ di Christie, yang dikaitkan sebagai karya Leonardo da Vinci,” tuturnya dilansir dari berbagai sumber.

Karena minat yang luar biasa di aksi publik tersebut, Banksy menempati posisi unik dalam apresiasi publik Inggris terhadap seni modern.

Selama ini, identitas Banksy tersembunyi, namun banyak yang mengatakan Banksy adalah pria bernama Robin Guninggham dan berusia sekitar 40 tahunan.

Karya-karya Banksy yang menggunakan cat semprot dan stensil kerap muncul di ruang-ruang publik. Termasuk ‘Girl with Balloon’ yang awalnya muncul di sisi Waterloo Bridge, London sekitar tahun 2000-an.

Sepanjang dekade tersebut, Banksy terus mempertahankan posisinya sebagai seniman jalanan. Di tahun 2010, filmnya ‘Exit Through the Gift Shop’ ditayangkan di Sundance Film Festival.

Di 2015, ia membuka ‘Dismaland’ di Weston-super-Mare, sebuah resor pantai yang memudar di West Country.

Sejak itu nama Banksy terus dikenal dunia dan diperbincangkan. Lukisan ‘Love is in the Balloon’ Banksy pun memecahkan sejarah seni sebagai karya yang tercipta di balai lelang usai ‘Girl with Balloon’ terjual Rp 20 miliar. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close