Olahraga

Demi Indonesia, Bos Dorna Korbankan MotoGP Seri Spanyol

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bos Dorna Sports selaku pengelola MotoGP, Carmelo Ezpeleta disebut siap mengorbankan seri balapan di Spanyol demi memberi ruang kepada sejumlah calon seri balapan baru, termasuk MotoGP Indonesia.

Sejumlah seri baru berpeluang muncul di MotoGP dalam beberapa tahun ke depan.

Setelah Sirkuit Kymiring akan menjadi tuan rumah MotoGP Finlandia mulai 2020, MotoGP Indonesia dijadwalkan bergabung mulai 2021. Selain itu adalah MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao mulai 2022.

Dorna menargetkan 20 balapan untuk MotoGP 2020 dan kemudian naik ke 22 balapan antara 2022 hingga 2026. Untuk memuluskan target tersebut, Ezpeleta mengatakan Dorna harus mengorbankan seri Spanyol yang saat ini berjumlah empat: Spanyol, Catalunya, Aragon, dan Valencia.

“Saat ini ada empat balapan di Spanyol, dua di Italia dan sisanya satu di masing-masing negara. Ada dua tim pabrikan dari Italia [Mugello dan Misano], dan banyak tim yang berbasis di sana, jadi secara umum kami akan mempertahankan dua balapan di sana,” kata Ezpeleta dikutip dari Bike Sport News.

“Satu-satunya cara menerima negara baru adalah mengurangi balapan di negara yang memiliki banyak seri. Kami tidak bisa konsentrasi dengan 25 persen balapan di satu negara, dan kami memutuskan untuk melakukan rotasi. Kami bisa saja memilih seri yang bayar tertinggi, tapi kami tidak mau melakukannya,” imbuh pria asal Barcelona itu.

Rencana rotasi yang akan dilakukan Dorna adalah setiap seri akan memiliki tiga balapan dalam lima tahun. Dengan begitu balapan di negara-negara baru bisa terwujud.

“Kami berpikir cara terbaik adalah melakukan rotasi lima balapan di semenanjung Iberia [termasuk MotoGP Portugal], setiap sirkuit akan memiliki tiga balapan dalam lima tahun,” kata Ezpeleta.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close